Jum'at, 12 Februari 2021 / 30 Jumadil Akhir 1442 H

Internasional

Indonesia akan Latih Polisi Afghanistan

Bagikan:

Hidayatullah.com–Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa mengatakan bahwa Indonesia akan tetap ambil bagian dalam pembangunan kapasitas sumber daya manusia di Afganistan. Hal itu disampaikannya pada Konferensi Internasional bagi Afghanistan di Bonn, Jerman, Senin (05/12/2011), lansir Deutsche Welle.

Konferensi Afganistan, yang bertujuan untuk memberi dukungan terhadap kemajuan di Afganistan, diawali dengan pertemuan tingkat menteri luar negeri. Topiknya, membahas masalah politik dan pembangunan Afganistan. Sampai tahun 2014, pasukan internasional yang tergabung dalam ISAF akan ditarik seluruhnya dari Afganistan. Dan tanggung jawab keamanan akan diserahkan sepenuhnya kepada Afghanistan.

Masalah keamanan inilah yang menjadi masalah utama bagi Afghanistan, seperti yang dikatakan ketua delegasi Indonesia dalam Konferensi bagi Afghanistan, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa. “Nampaknya masalah keamanan masih menjadi tantangan utama. Agak ironis sebenarnya setelah 10 tahun keberadaan negara negara koalisi ISAF di Afganistan, namun ternyata masih menjadi masalah mengganjal di Afganistan. Nampaknya ini menjadi perhatian utama dalam konferensi ini, tentunya kami tidak ingin masalah kemanan saja yang disoroti tapi masalah pemberdayaan di Afganistan sendiri.”

Marty Natalegawa berpendapat, sejauh ini Indonesia selalu berkeyakinan bahwa masalah di Afganistan hanya dapat diselesaikan melaui dialog politik yang merangkul berbagai pihak, yang memiliki pandangan berbeda. Namun itu saja tidak cukup, katanya. “Tidak kalah penting adalah konteks kawasan regionalnya karena perkembangan di Afganistan mencerminkan dinamika hubungan kawasan. Harapan kita, semua negara di kawasan itu bisa menjadi bagian dari solusi masalah Afganistan.”

Ketegangan antara Pakistan dan Amerika Serikat, yang berakibat boikot Pakistan terhadap konferensi ini, tidak menyurutkan berlangsungnya konferensi yang dihadiri oleh sekitar 100 negara dan organisasi.

Dalam beberapa tahun belakangan, Indonesia memberikan bantuan dalam peningkatan kapasitas pertanian di Afganistan. Dan seperti yang disampaikan Marty Natalegawa, terhitung awal tahun 2012 Indonesia pun akan turut ambil bagian dalam mendukung program pelatihan aparat keamanan Afghanistan.

“Konsentrasi kita ke depan adalah pelatihan para polisi Afganistan dengan bekerja sama dengan pemerintah Jepang. Ada kerjasama yang bersifat trialteral melibatkan Indonesia, Afganistan dan Jepang di mana kita akan meningkatkan kapasitas polisi Afganistan,” paparnya.

Menjajagi program pelatihan ini, tim dari Kepolisian Republik Indonesia telah mengunjungi Afganistan, sebaliknya tim kepolisian Afganistan juga telah mengunjungi akademi kepolisian di Semarang.*

Rep: Dija
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Sejumlah Orang China Masuk Islam karena Merasakan Kebaikan Muslim Saudi

Sejumlah Orang China Masuk Islam karena Merasakan Kebaikan Muslim Saudi

Afrika Barat Sepakat Kumpulkan Dana $1 Miliar untuk Perangi “Jihadis”

Afrika Barat Sepakat Kumpulkan Dana $1 Miliar untuk Perangi “Jihadis”

Ribuan Penganut Syiah Irak Enggan Iran Perang Melawan AS

Ribuan Penganut Syiah Irak Enggan Iran Perang Melawan AS

Nama Ahmadiyah Tak Dikenal di Malaysia

Nama Ahmadiyah Tak Dikenal di Malaysia

Pelapor Khusus PBB: Kebijakan Detensi Migran Australia Tak Berperikemanusiaan

Pelapor Khusus PBB: Kebijakan Detensi Migran Australia Tak Berperikemanusiaan

Baca Juga

Berita Lainnya