Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

AS Melucuti Satu Bom Nuklirnya

Bagikan:

Hidayatullah.com–Amerika Serikat melucuti salah satu bom nuklir andalannya era perang dingin, B53 di Texas, demkian BBC melaporkan Rabu (26/10/2011).

Dalam proses perlucutan itu para ahli memisahkan sejumlah bagian dari bom yang beratnya setara dengan ukuran sebuah mobil van kecil ini. Mereka memisahkan bahan peledak berkekuatan tinggi seberat 136kg dari tempat uranium pada bom tersebut.

Menurut para ahli bom tersebut mempunyai efek kehancuran hingga 600 kali lebih besar dari bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima pada tahun 1945. Bom ini sendiri disiapkan untuk mengahadapi krisis perang dingin pada tahun 1962 lalu dan ditempatkan di gudang senjata AS hingga tahun 1997.

AS merancang bom ini untuk menghancurkan musuh hingga ke dalam bunker persembunyian mereka. Ketika dipucu daya ledaknya mempunyai kekuatan 9 megaton dan membentuk efek simultan seperti gempa bumi.

Dalam penggunaanya bom ini harus dibawa lebih dulu dengan pesawat pembom B-52 dan saat dijatuhkan akan keluar sekitar lima parasut untuk mendaratkan bom secara halus ke sasaran.

Sebelum ini AS juga telah menghancurkan bom B53 ini pada tahun 1980 lalu.

Departemen Energi Urusan Keamanan Nuklir Nasional (NNSA) mengatakan program pelucutan bom ini selesai setahun lebih cepat dari yang mereka jadwalkan sebelumnya.

Kepala NNSA, Thomas D’Agostino mengatakan penghentian penggunaan B53 yang terakhir ini merupakan sebuah upaya yang bisa disebut sebagai tongak penting.

“Dunia akan lebih aman dengan pelucutan bom ini,” kata D’Agostino.

Sebelumnya Presiden Barack Obama mengatakan bahwa dia ingin mengurangi jumlah senjata nuklir dari dalam gudang senjata AS.

Menurut angka yang dikeluarkan oleh Departemen Luar Negeri AS pada Mei 2011 lalu, AS saat ini mempunyai 5.113 hulu ledak nuklir jumlah tersebut jauh lebih sedikit dari yang mereka miliki pada tahun 1967. Saat itu mereka mengatakan mempunyai 3 1.255 hulu ledak nuklir .

AS saat ini mulai beralih ke senjata modern yang lebih kecil.*

Rep: Dija
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Penembakan di Kenosha AS: Facebook Turut Berlumur Darah di Tangan

Penembakan di Kenosha AS: Facebook Turut Berlumur Darah di Tangan

Dada Pria Saudi Dilukai Gambar Salib Gerombolan Ethiopia

Dada Pria Saudi Dilukai Gambar Salib Gerombolan Ethiopia

Sesame Street Jurus Amerika Lawan Jihad Pakistan

Sesame Street Jurus Amerika Lawan Jihad Pakistan

AS Marah Hait al-Buraq Disebut Milik Palestina

AS Marah Hait al-Buraq Disebut Milik Palestina

PRT Ethiopia Segera Terbang ke Saudi

PRT Ethiopia Segera Terbang ke Saudi

Baca Juga

Berita Lainnya