Sabtu, 10 Juli 2021 / 31 Zulqa'dah 1442 H

Internasional

Ayo Duduki George Bush dan Bill Clinton!

Bagikan:

Hidayatullah.com–Pihak berwenang Kanada menghalangi peserta aksi unjuk rasa yang akan berdemonstrasi di Vancouver, British Columbia, pada hari Kamis (20/10/2011), di luar tempat acara KTT Ekonomi di Surrey. Acara itu dijadwalkan menghadirkan dua mantan presiden AS, George W. Bush dan Bill Clinton, sebagai pembicara.

Pihak berwenang Kanada mengatakan, mereka bersiap menghadapi bentrokan dengan para demonstran. Demikian dikatakan Royal Canadian Mounted Police (RCMP), sebagimana dilansir CNN.

Amnesty International, yang pekan lalu meminta agar pemerintah Kanada menangkap George W. Bush sebagai penjahat perang terkait penyiksaan para tahanan tersangka teroris, berdemonstrasi di pertemuan tersebut. Sementara demonstran lainnya menggelar aksi mirip “Duduki Wall Street”.

“Kami lebih suka jika negaranya yang akan mengadili George W. Bush,” kata Alex Neve, Sekjen Amnesty International cabang Kanada.

Neve mengatakan, Amnesty tahu bahwa pemerintah Obama tidak mau menangkap Bush untuk kemudian diadili. Oleh karena itu, mereka meminta agar Kanada yang melakukannya.

“Kami tidak naif. Ini perjuangan yang sulit, tapi kami yakin punya kasus yang sangat kuat,” kata Neve.

Lewat media sosial di internet, para aktivis mengajak massa untuk melakukan aksi unjuk rasa “Duduki Surrey”, seperti yang dilakukan rakyat Amerika di Wall Street.

Namun aksi yang dilakukan Amnesty International itu dipandang sebelah mata oleh Menteri Imigrasi Jason Kenney.

Sebagaimana dilaporkan koran Vancouver Sun (13/10/2011) ia mengatakan, permintaan Amnesty tersebut tidak dianggap serius.

“Amnesty International memilih-milih kasus untuk publikasi berdasarkan ideologi,” kata Kenney.

“Aksi semacam ini membantu menjelaskan, sebab mengapa banyak pendukung HAM yang disegani mengabaikan Amnesty International,” tegasnya.

Drew Grainger, pimpinan RCMP, dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa pihaknya memperlakukan aksi demonstrasi itu sama seperti acara lain yang potensial terjadi konflik. Pihak keamanan menghormati hak untuk berdemonstrasi.

Pertemuan tingkat tinggi ekonomi digelar di Surrey, sebuah kota sebelah selatan Vancouver, yang memiliki populasi 370.000 jiwa.

Menurut agenda, kedua mantan presiden AS itu akan berbagi podium selama satu jam, guna membahas aneka topik, termasuk realitas baru dalam perekonomian Amerika Utara.

Pihak penyelenggara memasang tarif USD600 per kepala bagi mereka yang ingin menghadiri pertemuan itu.*

Rep: Dija
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Tim WHO di Wuhan:  Sumber Virus Corona ‘Masih Tak Teridentifikasi’

Tim WHO di Wuhan: Sumber Virus Corona ‘Masih Tak Teridentifikasi’

Tanah Amblas Telan 7 Mobil di Roma

Tanah Amblas Telan 7 Mobil di Roma

Mobil Pegawai Konsulat Turki di Yunani Dibakar

Mobil Pegawai Konsulat Turki di Yunani Dibakar

Tentara AS Tembaki Penduduk Sipil Afghanistan, 16 Tewas

Tentara AS Tembaki Penduduk Sipil Afghanistan, 16 Tewas

Islamofobia: Pengadilan Jerman Tak Akan Berikan Kewarganegaraan Bagi Pria Muslim yang Menolak Jabat Tangan

Islamofobia: Pengadilan Jerman Tak Akan Berikan Kewarganegaraan Bagi Pria Muslim yang Menolak Jabat Tangan

Baca Juga

Berita Lainnya