Tidak Berkerudung, Paspor Wanita Iran Bisa Dicabut

Pelanggaran terhadap aturan berhijab saat ini, dinilai Rahba lebih parah dibandingkan saat kelompok reformis pimpinan Presiden Muhammad Khatami berkuasa.

Tidak Berkerudung, Paspor Wanita Iran Bisa Dicabut

Terkait

Hidayatullah.com–Seorang anggota parlemen Iran Ahad (10/10/2011), dikabarkan meminta pemerintah agar mencabut paspor wanita yang melanggar peraturan berhijab.

Menurut Muhammad Taghi Rahba, pemerintah sekarang ini memberi lampu hijau terhadap pelanggaran aturan berkerudung, sementara polisi gagal menegakkan peraturan tersebut.

Rahbar mengatakan, dalam surat yang ditandatangani oleh 236 anggota parlemen Iran dan ditujukan kepada kabinet, mereka meminta agar pemerintah menindak tegas para pelanggar peraturan berhijab.

“Pemerintah kami tercinta tidak memberi perhatian pada surat yang dikirimkan oleh wakil rakyat, tapi memberi lampu hijau terhadap pelanggaran berkerudung,” kata Rahba.

Pelanggaran terhadap aturan berhijab saat ini, dinilai Rahba lebih parah dibandingkan saat kelompok reformis pimpinan Presiden Muhammad Khatami berkuasa.

Televisi pemerintah juga ditudingnya punya andil dalam masalah ini, karena dianggap kurang mendorong wanita untuk mematuhi peraturan tersebut.

“Saya tidak tahu seperti apa otak pengelola televisi pemerintah itu, yang menayangkan program-program bodoh,” kata Rahba, seperti dikutip Alarabiya.

Polisi moral Iran, kadang-kadang melakukan operasi di kota-kota besar untuk merazia para wanita yang tidak mengenakan kerudung sesuai peraturan.

Situs IranStar baru-baru ini mengajak wanita Iran untuk melepaskan kerudungnya sejenak setiap hari Kamis, sebagai bentuk protes terhadap penindasan hak-hak perempuan di Iran.*

Keterangan foto: Polisi moral Iran menangkap wanita yang dianggap tidak mengenakan kerudung sesuai peraturan.[Fars]

Rep: Dija

Editor: Dija

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !