Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

20.000 Warga Amerika Masuk Islam Tiap Tahun

Bagikan:

Hidayatullah.com—Tragedi serangan World Trade Centre (WTC) 2001, membawa perubahan cukup luar biasa bagi Islam di seluruh dunia. Selain ada perubahan negatif, juga ada sisi positif. Salah satunya adalah warga Amerika semakin terbuka kepada umat Islam dan ajaran Islam. Mereka dengan kesadaran sendiri ingin memahami Islam secara mendalam.

Pernyataan ini disampaikan Syamsi Ali, tokoh muslim terkemuka di New York yang kini menjadi imam imam Masjid Al-Hikmah, Masjid Islamic Center, dan imam Masjid Jamaica Muslim Center, New York.

“Pasca tragedi 9/11, orang yang masuk Islam meningkat empat kali lipat daripada sebelum tragedi 9/11,” kata pria asal Indonesia ini.

Sementara itu, menurut NBC News, sekitar 20.000 warga Amerika masuk Islam setiap tahun. Para pemimpin muslim mengatakan, minat warga Amerika terhadap Islam meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Pada situs video Voice Of Amerika (VOA), ada puluhan video yang menunjukkan jumlah perempuan di Amerika Serikat dan Inggris masuk Islam. CNN News pernah menurunkn laporan tentang  1.5  juta warga Amerika masuk Islam.

Muhammad Al-Nassir, Direktur Pusat Islam dari wilayah metropolitan Washington, yang meliputi lima area termasuk Maryland, Virginia dan Washington, DC, menyatakan, sekitar 180 orang Amerika dari berbagai usia dan jenis kelamin telah menyatakan diri masuk Islam, bertepatan dengan adanya ancaman membakar al-Quran pada 11 September tahun lalu dan terkait pro-kontra rencana pembangunan masjid di dekat lokasi Ground Zero di New York.

Nassir menghubungkan, penyebab tingginya warga AS yang menyatakan diri masuk Islam di daerah vital atau kota utama Amerika Serikat karena mereka membaca dan mempelajari tentang Islam dan biografi Nabi Muhammad SAW yang menyebabkan mereka tertarik lebih jauh untuk belajar tentang Islam.

Seorang warga negara Amerika Serikat, bernama Robert Spencer, dari timur laut Washington, DC, yang setelah masuk Islam berganti nama menjadi “Abdul Rahman” mengatakan: “Saya mengikuti pertumbuhan pesat agama Islam di dunia Barat, dan orang-orang di sini mengakui bahwa jumlah orang yang masuk Islam setiap tahun di dunia Barat sangat besar dan cepat, dalam 12 tahun telah dibangun lebih dari 1.200 masjid di Amerika Serikat (rata-rata seratus masjid setahun), dan hal itu adalah aneh bahwa sebagian besar orang-orang yang memeluk Islam adalah warga Amerika yang beralih menjadi pendukung Islam yang kemudian melaksanakan ajaran-ajaran Islam yang luar biasa! ”

Moran (33 tahun), seorang peneliti dari negara bagian Virginia,  menegaskan, 20 ribu orang Amerika masuk Islam setiap tahunnya setelah peristiwa 11 September 2001.

“Kunjungan warga AS semakin meningkat ke masjid dan tidak terbatas pada masjid, tetapi mereka juga mengunjungi Islamic Center yang ada di Washington, Virginia, Minnesota, dan tempat lainnya,” kata pimpinan Darul Huda AS ini.

Menurut situs riseofislam.com, jumlah umat Islam di Amerika saat ini berkisar antara 6-7 juta jiwa. Jumlah pastinya tidak diketahui karena sensus penduduk AS tidak mencantumkan agama warga negara.

Sejarah Islam di Amerika Serikat bermula sekitar abad ke 16. Estevánico dari Azamor adalah Muslim pertama yang tercatat dalam sejarah Amerika Utara. Walau begitu, kebanyakan para peneliti di dalam mempelajari kedatangan Muslim di AS lebih memfokuskan pada kedatangan para imigran yang datang dari Timur Tengah pada akhir abad ke 19.

Migrasi Muslim ke AS  berlangsung dalam periode yang berbeda, yang sering disebut “gelombang”, sekalipun para ahli tidak selalu sepakat dengan apa yang menyebabkan gelombang ini.

Saat ini masjid di Amerika Serikat lebih dari 1.209 masjid. Masjid terbesar adalah Islamic Center of America di Dearborn, Michigan. *

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Koalisi Arab Bantah Merudal Prosesi Pemakaman Houthi di Sanaa

Koalisi Arab Bantah Merudal Prosesi Pemakaman Houthi di Sanaa

Obama Disumpah Kedua Kali Sebagai Presiden

Obama Disumpah Kedua Kali Sebagai Presiden

Mekah Alami Krisis Air

Mekah Alami Krisis Air

Ribuan Warga Israel Protes Kebijakan Ekonomi

Ribuan Warga Israel Protes Kebijakan Ekonomi

Kanada Kembali ‘Curigai’ Islam

Kanada Kembali ‘Curigai’ Islam

Baca Juga

Berita Lainnya