Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Intelijen Pakistan Tangkap Informan CIA

Bagikan:

Hidayatullah.com–Agen intelijen Pakistan ISI telah menangkap lima warga Pakistan informan CIA yang memberikan informasi kepada CIA menjelang penggerebekan Usamah bin Ladin awal Mei lalu.

Sebagaimana dilansir New York Times (14/6), para pria yang salah satunya seorang mayor angkatan bersenjata Pakistan, telah meniru plakat nomor polisi kendaraan yang masuk ke tempat persembunyian Bin Ladin di pelosok Pakistan.

Menurut para pejabat Amerika, nasib kelima informan itu tidak jelas.

Direktur Central Intelligence Agency Leon Panetta mengangkat isu nasib para informan CIA itu saat melakukan pembicaraan dengan pejabat militer dan intelijen Pakistan pekan lalu.

Kepada New York Times Duta Besar Pakistan untuk Amerika Hussein Haqqani mengatakan bahwa CIA dan ISI menajalin kerjasama dalam operasi. Namun ia tidak bisa menjelaskannya lebih lanjut.

Sedangkan para pejabat AS mengatakan pada koran itu bahwa beberapa bulan ini mata-mata ISI membatasi diri melakukan operasi pengintaian untuk CIA, Pakistan menolak memberikan visa agar intel-intel Amerika bisa beroperasi di negara itu, dan mengancam akan lebih membatasi penerbangan pesawat tanpa awak ke wilayah-wilayah Pakistan.

Pesawat tanpa awak milik Amerika Serikat yang dioperasikan CIA, kerap membombardir tempat-tempat yang diduga menjadi tempat persembunyian para pejuang Taliban dan Al-Qaidah.

Program Pentagon yang melatih pasukan paramiliter Pakistan untuk memerangi para pejuang setempat di pelosok Pakistan berbatasan dengan Afghanistan juga sudah diakhiri dan para penasihat militer AS telah meningalkan negara itu.

CIA sedang bersiap merelokasi sejumlah pesawat tanpa awak miliknya dari Pakistan ke sebuah pangkalan di Afghanistan yang digunakan untuk memantau wilayah sepanjang perbatasan kedua negara.*

Rep: Dija
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Mesir Ajukan Hutang ke Bank Dunia USD1 Milyar

Mesir Ajukan Hutang ke Bank Dunia USD1 Milyar

Pemberontak Syiah Al Houthi Siap Berdialog dengan Koalisi Pimpinan Saudi

Pemberontak Syiah Al Houthi Siap Berdialog dengan Koalisi Pimpinan Saudi

Vatikan Nilai Polisi Italia Salah Paham Bekukan Aset

Vatikan Nilai Polisi Italia Salah Paham Bekukan Aset

Belum Habis Duka,  2 Warga Uighur Kembali Ditembak

Belum Habis Duka, 2 Warga Uighur Kembali Ditembak

Dua Kota China Temukan Jejak Coronavirus Pada Makanan Beku Impor

Dua Kota China Temukan Jejak Coronavirus Pada Makanan Beku Impor

Baca Juga

Berita Lainnya