Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Syi’ah Bahrain Berdalih Bela Kerajaan

Bagikan:

Hidayatullah.com–Pemimpin kelompok oposisi terbesar di Bahrain, Wefaq, mengatakan bahwa pihaknya berupaya membantu proses reformasi politik di negara itu.

Sebagaimana dilansir Reuters (30/5), Ali Salman mengatakan, kelompok oposisi Syi’ah yang dipimpinnya tidak menentang keluarga kerajaan penguasa Bahrain. Sebaliknya, mereka mendukung keluarga Al-Khalifa sebagai penguasa dan ingin membantu pemerintah melakukan reformasi konstitusional.

“Kami katakan, kami menginginkan sebuah monarki konstitusional, bukan sebuah republik. Kami ingin perubahan bertahap ke arah sistem demokrasi, jadi kami tidak menentang keluarga penguasa,” kata Salman kepada Reuters dalam sebuah wawancara.

“Kami memiliki tuntutan nasional yang tidak ada hubungannya dengan Iran,” dalih Salman.

Salman bisa saja mengaku bahwa kelompok Syi’ah tidak berusaha menggoyang penguasa kerajaan Bahrain yang Sunni. Namun faktanya, aksi demonstrasi yang terjadi di Bahrain yang dilakukan oleh kelompok Syi’ah mengikuti unjuk rasa di Tunisia dan Mesir. Syi’ah saat memulai aksi demo mengatakan tertindas oleh dominasi kekuasaan kerajaan yang dipimpin keluarga bangsawan Sunni.

Iran, negara Syi’ah, bahkan terang-terangan membela para demonstran Bahrain. Iran mengutuk kehadiran pasukan gabungan negara Teluk di Bahrain yang diklaimnya memerangi para demonstran Syi’ah, padahal kehadiran pasukan Teluk atas permintaan pemerintah Bahrain sebagai anggota Dewan Kerjasama Teluk.

Dr. Yusuf Al-Qaradhawi pernah menegaskan bahwa gejolak yang terjadi di Bahrain bukanlah revolusi rakyat yang menentang penguasa diktator, seperti yang terjadi di Tunisia dan Mesir. Apa yang terjadi di Bahrain, kata Al-Qaradhawi, adalah konflik sektarian antara Syi’ah yang merasa didominasi kelompok Sunni sebagai penguasa negara.

Salman mengelak bahwa kelompoknya berusaha mengganti kerajaan dengan republik dengan mengatakan, terbukti anggotanya tidak ada yang ditangkap pemerintah sebagaimana anggota kelompok Syi’ah lainnya.*

Rep: Dija
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Pengusaha Jerman Tak Lewatkan Usaha Halal

Pengusaha Jerman Tak Lewatkan Usaha Halal

Wanita Saudi Beri Suami Istri Muda dan Mobil Mewah

Wanita Saudi Beri Suami Istri Muda dan Mobil Mewah

[Video] Neraka Dunia! Kebakaran di California Melebihi Luas Kota New York

[Video] Neraka Dunia! Kebakaran di California Melebihi Luas Kota New York

Somalia Sepakat Adakan Pemilu

Somalia Sepakat Adakan Pemilu

Pengadilan Izinkan Bradley Ganti Nama Jadi Chelsea Manning

Pengadilan Izinkan Bradley Ganti Nama Jadi Chelsea Manning

Baca Juga

Berita Lainnya