Peringatan Nakbah

“HUT Israel, Tanda Musibah bagi Kami!”

Pendukung Zionisme merencanakan perayaan ”penjajahan”

“HUT Israel, Tanda Musibah bagi Kami!”

Terkait

Hidayatullah.com–Kemerdekaan Mereka adalah Nakbah (Musibah) Kami,” begitu slogan yang disuarakan ribuan rakyat di berbagai kawasan Palestina yang dijajah maupun di Jalur Gaza saat berunjukrasa kemarin menuntut hak pulang bagi 4,7 juta pengungsi Palestina di seluruh dunia.

“Pesan kami tahun ini adalah kami akan kembali, kami akan tegakkan hak kami untuk kembali (haqqul audah), kami akan datangi semua checkpoints Israel untuk sampaikan tuntutan kami pulang ke rumah-rumah kami di Palestina,” demikian Monther Amria, pimpinan Komite An-Nakbah di Bait Lahm (Betlehem) kepada PNN.

Unjukrasa kemarin, Kamis 12 Mei, mengawali rangkaian aksi harian sampai puncaknya pada 15 Mei ketika jutaan warga dan pendukung kemerdekaan Palestina di seluruh dunia akan turun ke jalan-jalan memperingati hari An-Nakbah ketika Zionis Israel dideklarasikan berdiri di atas tanah Palestina 63 tahun lalu.

Lebih dari 500 desa Palestina dihancurkan oleh pasukan Zionis sementara jutaan rakyat Palestina diteror dan dipaksa berjalan kaki ribuan kilometer untuk mengungsi ke negara-negara tetangga.

Ramallah, Tepi Barat Pusat dan Kota Gaza akan menjadi tiga titik utama unjukrasa pada 15 Mei untuk menuntut hak kembali pengungsi Palestina.

Sejumlah pendukung Zionisme di berbagai kawasan termasuk di Indonesia merencanakan merayakan pendirian ‘Israel’ yang telah membunuh ratusan ribu rakyat Palestina, terutama kaum Musliminnya, sejak 63 tahun lalu.*

Rep: Muhammad Usamah

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !