Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Pakar Arab Belanda Sebut Islam Agama Kekerasan

Bagikan:

Hidayatullah.com—Seorang ahli Arab dari Belanda, Johannes J. G. Jansen mengatakan Islam adalah agama kekerasan yang menganjurkan perang melawan mereka yang tidak sepaham. 

Akademisi Barat –tulis Hans Jansen dengan nada mengejek dalam artikel terbarunya– menyesatkan masyarakat dengan terus-menerus menggaung-gaungkan bahwa Islam adalah agama damai. Sementara rata-rata muslim menganggap Barat sebagai “rumah perang.”

Hans Jansen bisa dibilang “bukan teman Islam”. Dalam buku-bukunya — yang kontroversial– ia memperingatkan karakter agresif agama Islam dan ancaman islamisasi di Eropa. Rekan-rekan seprofesinya tidak menganggap peringatannya serius, apalagi publik luas.

Namun Guru Besar Emeritus Sjoerd van Koningsveld justru berpendapat bahwa Jansen tidak mengamati perkembangan terbaru dengan baik.

Menurut kabar, Hans adalah sumber inspirasi penting bagi politikus anti-Islam Geert Wilders. Belum lama ini ia jadi saksi ahli dalam proses pengadilan pemimpin partai kanan populis PVV tersebut.

Profesor Pemikiran Islam Modern di University of Utrecht, Belanda ini pernah menjadi Direktur Institut Belanda di Kairo. Sejak 1983, ia telah menjadi profesor bahasa Arab dan studi Islam di Universitas Leiden. Buku pertamanya, “The Interpretation of the Koran in Modern Egyptin” (1974), telah diterjemahkan ke Bosnia dan Turki, dan bahkan dicetak baru-baru ini dalam bahasa Indonesia.

Seperti halnya para orientalis lain, ketidak mengertian tentang Islam membuatnya selalu sinis dalam memandang Islam. Hanya saja yang jadi masalah, kekeliruannya terhadap Islam terus dikampanyekan dengan kedok menjadi dosen atau penulis buku. *

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Di Depan AIPAC Netanyahu Katakan Nuklir Iran Berbahaya Bagi Israel

Di Depan AIPAC Netanyahu Katakan Nuklir Iran Berbahaya Bagi Israel

[Foto] Warga Pakistan Menyemut Ikut Shalati Pembunuh Gubernur Punjab

[Foto] Warga Pakistan Menyemut Ikut Shalati Pembunuh Gubernur Punjab

Pemerintah Turki Berhentikan Jenderal Perencana Kudeta

Pemerintah Turki Berhentikan Jenderal Perencana Kudeta

Stasiun TV Al-Jazeera Protes Bush

Stasiun TV Al-Jazeera Protes Bush

Islam di Jerman, Setahun Bertambah 4.000

Islam di Jerman, Setahun Bertambah 4.000 Mualaf

Baca Juga

Berita Lainnya