Sabtu, 13 Februari 2021 / 2 Rajab 1442 H

Internasional

ISF dan MPAC Sediakan Beasiswa Bagi Muslim AS

Bagikan:

Hidayatullah.com–Dua organisasi Islam di Amerika Serikat, Islamic Scholarship Fund (ISF) dan Muslim Public Affairs Council (MPAC) bekerjasama untuk memberikan beasiswa kepada masyarakat Muslim pada tahun 2012.

ISF yang berdiri sejak 2006, mendorong Muslim AS untuk belajar di perguruan tinggi dalam bidang humaniora, ilmu-ilmu sosial dan liberal arts.

“ISF didirikan dengan keyakinan bahwa Muslim Amerika tidak cukup terwakili dalam bidang humaniora, ilmu sosial dan liberal arts,” kata Marium Mohiuddin, direktur komunikasi MPAC, sebagaiman dikutip Arab News (23/3).

Misi ISF sejalan dengan MPAC, sebuah organisasi yang bertujuan memberikan informasi dan membentuk opini publik dengan menjadi narasumber bagi para pembuat keputusan di pemerintahan, media dan institusi pembuat keputusan lainnya.

Penerima beasiswa akan mendapat dana sekitar USD1.000-USD10.000 setiap tahunnya. Jumlah yang diterima tergantung universitas tempat penerima beasiswa menuntut ilmu, kesesuaian bidang studi dengan target ISF, nilai akademis, rencana konkret tentang kiprahnya di komunitas Muslim, dan lain sebagainya.

Setiap mahasiswa juga harus melakukan hal-hal yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan, seperti: penelitian tentang persepsi, potret dan pemahanan akan komunitas Muslim di AS, berhubungan dengan para pejabat di media massa, para peneliti dan kelompok masyarakat, serta menjalin hubungan dengan para profesional tingkat tinggi dari berbagai bidang.

Beasiswa ISF/MPAC diberikan kepada mahasiswa yang diterima kuliah di perguruan tinggi dan universitas AS dengan masa studi 4 tahun. Persyaratan minimum antara lain: harus beragama Islam, mengambil jurusan humaniora, ilmu sosial, liberal arts atau hukum, warga negara atau pemukim tetap AS, IPK minimal 3,4, kuliah di tingkat sarjana atau di atasnya, dan aktif di organisasi masyarakat.

Pengumuman penerima beasiswa akan dialkukan pada pekan kedua bulan Agustus. Beasiswa pada dasarnya dikirim langsung ke universitas bersangkutan, kecuali jika ada ketentuan lain. Peminat bisa mendaftar di http://islamicscholarshipfund.org/apply.asp dan informasi lebih lanjut dapat dibaca di http://www.islamicscholarshipfund.org/  atau http://www.mpac.org. Penerima beasiswa wajib mengikuti kerja sosial bersama MPAC selam 40 jam. *

Rep: Dija
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Terlibat Penculikan YouTuber Muda Meksiko Dihukum Penjara 50 Tahun

Terlibat Penculikan YouTuber Muda Meksiko Dihukum Penjara 50 Tahun

Wartawan Timur Tengah Kritik Reaksi Iran terkait Eksekusi Al Nimr

Wartawan Timur Tengah Kritik Reaksi Iran terkait Eksekusi Al Nimr

Tweet..! Polisi Lapor Kasus yang Ditangani di Twitter

Tweet..! Polisi Lapor Kasus yang Ditangani di Twitter

Militer Sudan Tangkap Tokoh Oposisi

Militer Sudan Tangkap Tokoh Oposisi

Mahasiswa Muslim Rusia Perdalam Studi Islam di Indonesia

Mahasiswa Muslim Rusia Perdalam Studi Islam di Indonesia

Baca Juga

Berita Lainnya