Selasa, 30 Maret 2021 / 17 Sya'ban 1442 H

Internasional

Qadhafi Mulai Gencatan Senjata Dan Terima Resolusi PBB

Bagikan:

Hidayatullah.com–Libya akhirnya menyatakan akan memberlakukan gencatan senjata  dan segera mematuhi resolusi Dewan Keamanan PBB.

Dalam sebuah jumpa persnya Jumat siang (18/3) Menteri Luar Negeri Libya, Koussa Moussa, mengatakan negaranya bersedia menerima resolusi Dewan Keamanan PBB dan melaksanakan gencatan senjata dan segera menghentikan seluruh operasi militernya.

Berbicara kepada wartawan di Tripoli, Moussa mengatakan Libya akan “mencoba untuk menangani secara positif” dengan resolusi, yang menyerukan untuk sebuah zona larangan terbang dan “semua langkah yang diperlukan” untuk melindungi warga sipil dalam konflik.

Dia mengatakan zona larangan terbang yang dikenakan PBB hanya akan mempengaruhi penerbangan sipil maupun militer. Dengan demikian akan dinilai hanya akan “meningkatkan penderitaan rakyat Libya dan akan berdampak negatif terhadap kehidupan umum masyarakat Libya.”

“Libya menerima i’tikad baik dalam melindungi penduduk sipil,” katanya.

Jawaban Libya ini disampaikan pada menit-menit akhir rencana penyerangan sejumlah negara atas Libya. Tercatat, Prancis dan Inggris serta Swedia sudah menyediakan pasukannya untuk masuk ke Libya.

Tak hanya itu, beberapa jam sebelumnya, melalui putranya, Muammar Qadhafi mengaku tidak takut dengan campur tangan asing di negaranya. Pernyataan ini disampaikan Saif kepada stasiun televisi Amerika, ABC.

“Kami berada di negara dan rakyat sendiri. Kami tidak takut,” tegas Saif. Lebih jauh ia juga menentang pemberlakuan larangan terbang (no-fly zone) oleh PBB di wilayah udara Libya.

Seperti diketahui, Kamis (17/3) malam Dewan Keamanan PBB menyetujui resolusi larangan terbang (no-fly zone) yang memberi lampu hijau untuk mengambil ‘semua tindakan’ yang diperlukan untuk melindungi rakyat Libya dari serbuan Qadhafi.

Pemberlakukan larangan terbang di wilayah udara Libya ini disambut ribuan warga Benghazi yang berkumpul di sebuah alun-alun.*

Rep: Muhammad Usamah
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Syi’ah Respon Al Azhar dengan Pembukaan 10 Husainiyat

Syi’ah Respon Al Azhar dengan Pembukaan 10 Husainiyat

PM Boris Johnson Ketularan Covid-19

PM Boris Johnson Ketularan Covid-19

Mesir Tahan 8 Pengunjuk Rasa Anti-Trump

Mesir Tahan 8 Pengunjuk Rasa Anti-Trump

Turki Tawarkan Pendidikan Gratis Anak-Anak Suriah

Turki Tawarkan Pendidikan Gratis Anak-Anak Suriah

Muslim Kosovo Ingin Kurikulum Islam dan Masjid

Muslim Kosovo Ingin Kurikulum Islam dan Masjid

Baca Juga

Berita Lainnya