Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Inilah Orang-orang di Lingkaran Muammar Qadhafi

Bagikan:

Hidayatullah.com—Tidak seperti karibnya di Tunisia dan Mesir, Muammar Qadhafi masih  tegar di tengah rongrongan atas kekuasaan. Tak banyak orang tahu,  siapa orang-orang dekatnya yang membuat ia tetap kokoh berkuasa hampir 42 tahun?

Berikut tokoh-tokoh yang berpengaruh dalam lingkaran Qadhafi yang di antara mereka diketahui menggunakan kekuatan penting militer, keamanan atau politik.

Dr Abdulqader Mohammed al-Baghdadi

Dia menjabat sebagai Sekjen Komite Rakyat (perdana menteri) sejak 2006. Lelaki 59 tahun juga mengetuai dewan minyak dan gas, serta menjadi bos Badan Investasi Libya (Libya Investment Authority). Lembaga ini mengelola kekayaan hasil minyak Libya, termasuk mengelola kekayaan Qadhafi. Dia juga anggota komisi revolusi yang terlibat dalam tindak kekejaman di masa lalu. Dia termasuk dalam 16 tokoh Libya yang dikenai sanksi larangan bepergian oleh Dewan Keamanan PBB.

Mousa Kousa

Menteri Luar Negeri. Dia adalah manan ketua badan intelijen eksternal dan negosiator pakta normalisasi Libya dengan Amerika Serikat dan Eropa.

Colonel Abdullah al-Senussi

Tangan kanan dan saudara ipar Qadhafi serta direktur intelijen militer. Pria berusia 61 tahun ini tercatat sebagai tersangka dalam pembunuhan massal di penjara Abu Selim. Dia dihukum secara in absentia atas kasus  pengeboman pesawat UTA 772 tahun 1089 yang menewaskan 170 orang. Dia juga salah satu yang mendapat cekal dari DK PBB. 

Abdulqader Yusef Dibri

Kepala pengawal pribadi Muammar Qadhafi dan bertanggung jawab mengenai keamanan. Yusef, 65 tahun dinilai memiliki catatan sejarah buruk terhadap para penentang rezim Qadhafi. Juga dilarang meninggalkan Libya oleh Dewan Keamanan PBB.

Abu Zayd Umar Dorda

Kepala Keamanan Pribadi  Qadhafi. Umar termasuk bagian orang yang loyal. Direktur Organisasi Pengamanan Eksternal Libya ini juga dikenai cekal DK PBB.

Matuq Mohammed Matuq

Dia menteri urusan perlengkapan Matuq adalah anggota senior rezim ini dan termasuk dalam Komite Revolusi. Pria berusia 59 tahun ini memiliki catatan sejarah dalam kekerasan dan penindasan para pemberontak yang mengakibatkan ia termasuk dalam daftar cekal Dewan Keamanan PBB.

Khamis Muammar Qadhafi

Khamis adalah putra Muammar Qadhafi berusia 33 tahun dan mengomandani unit-unit militer yang tergabung dalam aksi represi saat demonstrasi. Ia mendapat cekal Dewan Keamanan PBB pada hari Sabtu, dan semua asetnya dibekukan.

Mutassim Qadhafi

Adalah seorang Penasehat Keamanan Nasional dan putra dari Muammar Qadhafi. Kedekatan pria berusia 35 tahun ini dengan rezim ini membuatnya mendapat cekal dan pembekuan aset oleh PBB.

Saadi Qadhafi

Komandan satuan khusus dan putra dari pemimpin Libya berusia 37 tahun. Ia mengomandani unit-unit militer yang tergabung dalam represi demonstrasi membuatnya mendapatkan cekal, tetapi Dewan Keamanan tidak memasukkannya dalam pembekuan aset keluarga.

Saiful Islam Qadhafi

Direktur dari Qadhafi Foundation, merupakan putra Muammar Qadhafi yang berusia 29 tahun. Ia dianggap ikut bertanggung jawab atas keterangannya di depan publik yang berapi-api dan mendorong adanya kekerasan terhadap para pengunjuk rasa. Ia mendapat pembekuan aset dan larangan berpergian dari DK PBB.

Abdulsalam Jalloud

Dia orang kedua Qadhafi setelah kudeta tahun 1969 dan banyak membantu pemimpin Libya tersebut.  Mantan perdana menteri dan penghubung dengan negara-negara Barat pada era 1970-an dan 1980-an ini dikabarkan  tak pernah terdengar lagi sejak awal kerusuhan dan dikabarkan telah mengundurkan diri.

Mustafa Al-Kharoubi

Anggota Dewan Komando Revolusi, dan kader yang terlibat dalam kudeta 1969. Dia juga mantan komandan intelijen militer, dan penghubung dengan dunia Arab di era 1990-an. Kabar terakhir dia mengajukan pengunduran diri, dan malah kena penahanan rumah.

Al-Khoueldi al-Hamidi

Dia juga anggota Dewan Komando Revolusi dan dulu bareng Kadhafi melakukan kudeta 1969. Dia terkabar mengajukan pengunduran diri setelah berlangsung aksi protes, namun justru dikenai penahanan rumah.

Ahmed Ibrahim

Dia menjadi pemimpin spiritual dan penyuara gerakan komite revolusi. Sempat menjadi menteri pendidikan sebentar, dan baru-baru ini menjadi penggerak perlawanan terhadap upaya-upaya mereformasi pemerintah.*

Rep: Dadang Kusmayadi
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Korsel Akan Terapkan Hukuman Kebiri untuk Pemerkosa

Korsel Akan Terapkan Hukuman Kebiri untuk Pemerkosa

Undang Sopir Taksi Muslim, Walikota NY Coba Redam Ketegangan

Undang Sopir Taksi Muslim, Walikota NY Coba Redam Ketegangan

Masyarakat Kosovo Menolak Keputusan Pemerintah Membuka Kedutaan di Yerusalem

Masyarakat Kosovo Menolak Keputusan Pemerintah Membuka Kedutaan di Yerusalem

Usamah Hidup Sederhana, Hemat Uang Demi “Berjihad”

Usamah Hidup Sederhana, Hemat Uang Demi “Berjihad”

Menteri Luar Negeri Cina Bela Kamp Penahanan Muslim Uighur

Menteri Luar Negeri Cina Bela Kamp Penahanan Muslim Uighur

Baca Juga

Berita Lainnya