Ahad, 23 Januari 2022 / 19 Jumadil Akhir 1443 H

Internasional

Mantan Agen CIA: Iran Imperium Baru di Teluk Persia

Bagikan:

Hidayatullah.com–Robert Baer, mantan petinggi Dinas Intelijen AS (CIA) mengatakan, transformasi terbaru di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara mengokohkan posisi Iran. 

“Jika kita menengok realitas yang terjadi di Iraq, Libanon dan Bahrain maka kita dapat menyaksikan bertambahnya kekuatan Iran,” demikian kata Baer seperti dilaporkan IRNA.

Di salah satu bukunya, Baer mengkaji perubahan Iran menjadi salah satu kekuatan besar di kawasan.

Menjawab pertanyaan apakah transformasi regional terbaru mengubah pendapatnya, Baer menandaskan, saat ini Iran telah mengirim dua armara lautnya melintasi Terusan Suez dan ditempatkan di Laut Mediterania. Hal ini malah menguatkan pendapat saya soal kekuatan Iran.

Menyikapi runtuhnya rezim-rezim Arab yang bergantung pada Amerika dan dampaknya bagi kebijakan luar negeri serta keamanan AS, Baer mengatakan, runtuhnya rezim yang mengandalkan uang untuk menyelesaikan krisis internal harus sudah dipahami sejak dulu oleh Barat bahwa mereka telah kehilangan sekutu lamanya. Ambruknya rezim-rezim ini berperan dalam perubahan struktur kekuatan di kawasan.

Baer pernah menjabat sebagai pengamat dan salah satu direktur CIA antara tahun 1976-1977.

Terkait profesinya ini, Baer juga sempat menulis sejumlah buku. Selama bekerja untuk CIA, ia pernah ditugaskan di Iraq utara, Maroko, Libanon, Sudan, Prancis dan India.

Agen CIA ini keluar dari dinas intelijen AS tahun 1997 dengan dalih tidak mampu meyakinkan pemerintahan Clinton untuk mendukung aksi demo rakyat Iraq menentang diktator Saddam Hussein. Ia juga menguasai sejumlah bahasa seperti Arab, Persia, Prancis dan Jerman.

Dalam bukunya, Baer menulis, Iran saat ini tengah berubah menjadi imperium di kawasan Teluk Persia dan kekuasaan besar Tehran ini harus diterima sebagai realita. Ditambahkannya, Amerika tidak memiliki pilihan kecuali harus bersedia berdamai dengan Iran dan berdialog dengan negara ini. Tak hanya itu, Washington juga harus membatalkan sanksi sepihaknya terhadap Tehran.*

Rep: Ibnu Sumari
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Meski Jadi Korban Warga Serahkan Barang Temuan ke Polisi

Meski Jadi Korban Warga Serahkan Barang Temuan ke Polisi

Najib Razak Ditangkap Komisi Anti Korupsi setelah Temuan Rekening Pribadi

Najib Razak Ditangkap Komisi Anti Korupsi setelah Temuan Rekening Pribadi

Bapak Reunifikasi Jerman Helmut Kohl Meninggal Dunia

Bapak Reunifikasi Jerman Helmut Kohl Meninggal Dunia

Tenda Pengungsi Suriah Setelah Hujan Salju

Hujan Salju Robohkan Puluhan Tenda Pengungsi Suriah

Aljazeera Mesir Menghentikan Siarannya

Aljazeera Mesir Menghentikan Siarannya

Baca Juga

Berita Lainnya