Kamis, 9 Desember 2021 / 4 Jumadil Awwal 1443 H

Internasional

Masjid Terbesar Dibangun di India

Bagikan:

Hidayatullah.com—Sebuah masjid terbesar, bahkan lebih besar ketimbang Masjid Jama di New Delhi, akan dibangun di negara bagian Kerala, tepatnya di pinggiran Kozhikode. Masjid agung bernama Sha’ar-e-Mubarak ini berdiri di atas lahan seluas 250.000 kaki persegi, jauh lebih besar ketimbang masjid bersejarah yang dibangun Kaisar Shah Jahan abad ke-17 di ibukota. 

Masjid ini terletak di sebuah wilayah yang disebut Kota Pengetahuan Markaz yang menjadi pusat pembelajaran Islam, sebuah teknologi informasi (IT), sekolah kedokteran, sekolah teknik, berbagai sekolah, rumah sakit, pusat perbelanjaan dan lembaga lain, selain kompleks permukiman.

Masjid ini juga memiliki perpustakaan untuk riset Islam dan ruang konferensi, tempat umat Muslim dan non-muslim dapat berkunjung untuk menambah ilmu, ungkap Abu Bakr Ahmed alias Kanthapuram Aboobacker Musliyar, yang memimpin grup lembaga-lembaga Islam, Markazu Ssaqafathi Ssunniyya.

“Masjid itu akan mencerminkan persaudaraan universal dan pencerahan spiritual yang diperjuangkan oleh Islam. Juga akan ada perpustakaan untuk penelitian Islam dan ruang konferensi di mana Muslim dan non-Muslim bisa datang mencari ilmu pengetahuan,” ujar Aboobacker Musliyar.

“Untuk ini, kami menerima dukungan besar dari orang-orang dengan berbagai latar belakang kehidupan, terutama masyarakat Kerala, ” tambahnya.

Selain itu, masjid juga akan dilengkapi kebun bergaya kerajaan dan seluruh struktur kota dirancang ramah lingkungan dengan banyak ruang terbuka dan penghijauan.

Musliyar mengepalai organisasi sosial, amal, dan pendidikan yang dalam tiga dekade terakhir telah mendidik lebih dari 30.000 orang, termasuk sejumlah besar anak-anak dari keluarga telantar di Gujarat dan Kashmir.

“Kami berencana untuk memulai pekerjaan dalam lima bulan ke depan dan Masjid itu akan siap dalam dua tahun. Seluruh proyek akan selesai lima tahun lagi,” ujar Riyaz Mohammed, arsitek proyek yang telah membangun setengah juta kaki persegi ruang publik, termasuk Haj House, Karipur, Infopark, Koratty dan kampus National Institute of Fashion Technology di Kannur.

Masjid dengan halaman terbuka itu diharapkan akan selesai dengan biaya 400 juta rupee, sementara seluruh proyek kota akan memakan 12 milyar rupee.*

Rep: Ama Farah
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Jurnalis Spanyol Berunjuk Rasa Membela Hak Kerahasiaan Profesi Mereka

Jurnalis Spanyol Berunjuk Rasa Membela Hak Kerahasiaan Profesi Mereka

[Berita Foto] Bocah Muslim Saat Idul Adha

[Berita Foto] Bocah Muslim Saat Idul Adha

Necmettin Erbakan Meninggal Dunia

Necmettin Erbakan Meninggal Dunia

9 dari 10 Keluarga Pengungsi Suriah di Libanon Berada dalam Kemiskinan Ekstrim

9 dari 10 Keluarga Pengungsi Suriah di Libanon Berada dalam Kemiskinan Ekstrim

Wabah Kolera di Niger Ribuan Terinfeksi, 156 Orang Meninggal

Wabah Kolera di Niger Ribuan Terinfeksi, 156 Orang Meninggal

Baca Juga

Berita Lainnya