Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Wapres Mesir Teman Baik Israel

Bagikan:

Hidayatullah.com–Wakil Presiden Mesir Omar Suleiman memiliki pertalian hubungan yang baik dengan Israel dan negara Yahudi itu akan senang jika Omar memimpin Mesir, demikian kawat rahasia diplomatik AS seperti dikutip suratkabar Inggris, Telegraph, Selasa.

Dalam satu memo diplomatik bertahun 2008, dokumen yang disebarkan koran Inggris itu dari WikiLeask tersebut menyebutkan bahwa David Hacham, seorang penasehat pada Kementerian Pertahanan Israel (MoD), berkata kepada para pejabat AS bahwa Israel mengharapkan Suleiman, yang dieja Soliman dalam sejumlah kawat diplomatik rahasia itu, mengambilalih kekuasaan (di Mesir).

“Hackam memuji habis-habisan Soliman, dan menyatakan bahwa sebuah ‘hot line’ (sambungan langsung) antara MoD dengan Dinas Intelijen Umum Mesir (GIS, badan intelijen Mesir) kini bisa dioperasikan tiap hari,” demikian bunyi pesan rahasia yang dikirimkan Kedutaan Besar AS di Tel Aviv, Israel.

“Hacham menyatakan bahwa Israel yakin Soliman akan menjabat (pemimpin Mesir) setidaknya sebagai presiden interim jika Mubarak meninggal atau tak mampu lagi (menjalankan fungsinya).

“Kami menyerahkan (rekomendasi ini) ke Kedutaan Besar (AS di) Kairo untuk menganalisis skenario sukses di Mesir, namun tak ada keraguan bahwa Israel sangat nyaman dengan prospek (berkuasanya) Omar Soliman,” papar memo diplomatik bertanggal Agustus 2008 itu.

Sabtu lalu Menteri Luar Negeri Hillary Clinton menyatakan mendukung Suleiman sebagai kandidat terbaik untuk memimpin pemerintahan transisi setelah Mubarak yang berjuang mempertahankan kekuasaannya berusaha terus mencengkeram kekuasaan.

Dokumen rahasia itu juga mengungkapkan bahwa Suleiman memamparkan wacana untuk mengizinkan tentara Israel mendekati daerah perbatasan Mesir-Israel di Philadelphi dalam upaya menghentikan penyelundupan senjata ke kelompok perlawanan Palestina di Gaza.

“Pada momen-momen yang paling membuat mereka frustasi, (Menteri Pertahanan Mesir) Tantawi dan Soliman masing-masing mengklaim bahwa IDF (Angkatan Perang Israel) akan ‘disambut’ untuk mereinvasi Philadelphi, jika IDF dikira mampu menghentikan penyelundupan itu,” tulis laporan para diplomat AS dalam kawat diplomatik yang bocor tersebut.

Memo itu kemudian mengungkapkan bahwa Suleiman menginnginkan Gaza dibuat “lapar, tapi tidak sampai kelaparan” untuk mengisolasi Hamas dari warga Palestina.

Di bagian lainnya dalam kawat diplomatik rahasia itu, Hacham mengaku kaget dengan penampilan Mubarak yang pikun dan berbicara tercadl-cadel, demikian laporan Reuters.

Rep: Muhammad Usamah
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Trump Ancam Kenakan Tarif Impor Mobil Eropa

Trump Ancam Kenakan Tarif Impor Mobil Eropa

Teroris Kristen Norwegia Tidak Akan Dihukum Mati

Teroris Kristen Norwegia Tidak Akan Dihukum Mati

Placido Domingo Minta Maaf kepada Para Wanita yang Menuduhnya Pelecehan Seksual

Placido Domingo Minta Maaf kepada Para Wanita yang Menuduhnya Pelecehan Seksual

Analis: Hubungan Mesir-Israel kini Makin Akrab

Analis: Hubungan Mesir-Israel kini Makin Akrab

PM Hungaria akan Kerahkan Pasukan Jika Turki Membiarkan Pengungsi Membanjiri Eropa Lagi

PM Hungaria akan Kerahkan Pasukan Jika Turki Membiarkan Pengungsi Membanjiri Eropa Lagi

Baca Juga

Berita Lainnya