Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Penangkapan Dialami Mahasiswa Indonesia di Mesir

Bentrok anti-Mubarak dengan aparat keamanan.
Bagikan:

Hidayatullah.com–Kondisi keamanan mahasiswa Indonesia di Mesir semakin tidak menentu dan mengkhawatirkan. Banyaknya kasus penangkapan dan pemeriksaan yang dilakukan oleh militer Mesir terhadap warga asing, termasuk WNI, membuat keadaan semakin memprihatinkan.

Pernyataan Wakil Presiden Mesir Omar Suleiman yang mengatakan bahwa dalam aksi demonstrasi tersebut terdapat peranan orang asing, ternyata memang berdampak juga terhadap mahasiswa Indonesia di sini.

Banyak laporan dari rekan mahasiswa di Mesir yang sudah merasakan aksi penangkapan tersebut, meski akhirnya dibebaskan lagi. Namun tentu saja perlakuan militer Mesir terhadap mereka cukup membuat ketakutan tersendiri.

Salah satunya dialami oleh Bisyri Ichwan dengan teman-teman serumahnya. Bisyri mengatakan bahwa satu kompi militer Mesir mendatangi rumah mereka, dan membawa mereka ke markas militer untuk diinterogasi.

“Seisi rumah digeledah. Semua barang dibuka satu-persatu. Laptop dan HP disita. Dokumen-dokumen yang ada di laptop saya di obrak-abrik. Kami dibawa ke mobil layaknya para tahanan,” tutur Bisyri.

Para militer tersebut menuduh mereka terlibat dalam aksi demonstrasi. Bisyri juga mengatakan, banyak pertanyaan yang diajukan kepada mereka.

Syukurnya, Bisyri dan teman-temannya sekarang sudah dibebaskan kembali.

Masih banyak lagi laporan dari rekan mahasiswa di Mesir mengenai aksi penangkapan dan pemeriksaan yang dilakukan oleh militer Mesir.

Suara-suara mahasiswa yang meminta agar pemerintah mengevakuasi total dan bertindak cepat dalam proses evakuasi, sudah tidak terbendung lagi.

“Semua rekan di sini berharap kepada pemerintah Indonesia, agar benar-benar serius dalam evakuasi WNI di Mesir, demi keselamatan dan ketenangan lahir batin,” kata Bisyri.*

Rep: Ahmad Sadzali
Editor: Syaiful Irwan

Bagikan:

Berita Terkait

Ikhwanul Muslimin Ajak Warga Coblos Pemilu

Ikhwanul Muslimin Ajak Warga Coblos Pemilu

Muslim Moro Tetapkan Syarat Eksplorasi Sumber Daya Alam

Muslim Moro Tetapkan Syarat Eksplorasi Sumber Daya Alam

Para Peserta Aksi Protes di AS  Lindungi Umat Islam yang Tengah Shalat Jamaah

Para Peserta Aksi Protes di AS Lindungi Umat Islam yang Tengah Shalat Jamaah

Anak-anak Gaza Pecahkan Rekor Dunia Layang-layang

Anak-anak Gaza Pecahkan Rekor Dunia Layang-layang

Akibat Berdesakan 10 Orang Tewas di Sebuah Kuil Hindu di India

Akibat Berdesakan 10 Orang Tewas di Sebuah Kuil Hindu di India

Baca Juga

Berita Lainnya