Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Setelah Roma, Kini Sri Lanka akan Larang Rok Mini

Bagikan:

Hidayatullah.com—Setelah Italia mengeluarkan peraturan larangan mengenakan rok mini, kini Sri Lanka tengah mempertimbangkan untuk melarang perempuan memakai rok mini. 

Sekretaris Kementerian Budaya Sri Lanka, Nama Rubasinghe mengatakan menerima masukan dari beberapa individu dan kelompok dari sebuah agama yang meminta pelarangan rok mini.
 
“Mereka mengeluh soal rok mini yang melanggar budaya Sri Lanka, tapi kami masih mempertimbangkan belum ada keputusan final,” kata Rubasinghe.
 
Sri Lanka juga melarang iklan yang menampilkan perempuan seksi yang mengenakan baju belahan dada rendah. Larangan ini bukan hanya berlaku di kota kecil tapi juga di ibu kota Sri Lanka, Kolombo. Adalah Presiden Mahinda Rajapakse yang mengeluarkan kebijakan itu, dia juga meminta pengurangan iklan tembakau dan alkohol.
 
Menanggapi pelarangan tersebut, Sebuah harian Sri Lanka menulis tahun baru adalah era baru yang membawa kemurnian moral kembali. Koran tersebut disebut-sebut dikontrol oleh keluarga yang dekat dengan partai berkuasa. 
 
Tahun lalu, penyanyi RnB asal Amerika Serikat, Akon ditolak masuk ke Sri Lanka untuk mengadakan konser musik. Dia ditolak setelah pemerintah melihat video musik Akon. Dalam video itu ada seorang perempuan berbikini yang menari mengitari patung Budha.
 
Belum lama ini Sri Lanka telah memblokir akses 200 situs porno yang menampilkan orang-orang lokal.
 
Sebelum ini, Kota Castellammare di Stabia, Italia telah mengeluarkan peraturan yang unik, melarang para perempuan kota itu untuk menggunakan pakaian bikini  alias seksi.

Setiap pelanggaran terhadap peraturan tersebut akan diberikan denda setimpal oleh kepolisian setempat. Pelarangan ini termasuk terhadap pakaian yang dianggap terlalu pendek, jeans yang terlalu pendek serta pakaian yang potongan lehernya terlalu rendah.

Peraturan ini tergolong unik, khusunya bagi Negara di Barat atau Eropa di mana selama ini  kebebasan dijadikan ukuran hidup mereka. [ti/ndtv/ap/hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Pemerintah Bavaria Jerman Setujui Larangan Cadar

Pemerintah Bavaria Jerman Setujui Larangan Cadar

Protes, Pria Iraq Berusaha Bakar Diri di Konferensi Keamanan Munich

Protes, Pria Iraq Berusaha Bakar Diri di Konferensi Keamanan Munich

Obama: Masyarakat Amerika Masih Belum Nyaman Melihat Wanita Berkuasa

Obama: Masyarakat Amerika Masih Belum Nyaman Melihat Wanita Berkuasa

Turabi  Takut Kemenangan Al-Basyir Lebih Berbahaya dari Somalia

Turabi Takut Kemenangan Al-Basyir Lebih Berbahaya dari Somalia

Zionis ‘Israel’ Bertemu Mesir dalam Kunjungan Rahasia

Zionis ‘Israel’ Bertemu Mesir dalam Kunjungan Rahasia

Baca Juga

Berita Lainnya