Jum'at, 26 Maret 2021 / 12 Sya'ban 1442 H

Internasional

Sepi Jemaat, Ratusan Gereja Friesland Terancam Tutup

Bagikan:

Hidayatullah.com–Provinsi Friesland di sebelah utara Belanda memiliki jumlah gereja paling banyak di Eropa. Namun, karena jumlah jemaat yang datang terus menurun, hal ini menyebabkan masalah keuangan bagi gereja-gereja itu. Akibatnya, 100 dari 700 gereja yang ada harus menutup pintu-pintu mereka.

“Dalam sepuluh tahun mendatang, kami perkirakan 100 gereja harus ditutup dan dijual,” kata Gerhard Bakker dari Yayasan Gereja Tua Frisian.

“Jika pembeli tidak ditemukan, maka para developer akan datang. Mereka akan mencari tahu apakah mungkin diubah menjadi sebuah proyek pembangunan. Jika tidak, mereka akan menjadikannya perumahan.”

“Jadi gereja-gereja itu akan dihancurkan?” tanya reporter Radio Netherlands, dalam rekaman yang dimuat Jumat (3/12).

“Ya,” tegas Bakker.

Sebuah Gereja Reformasi di Winnebago mengalami nasib serupa. Developernya menyewa seorang arsitek untuk mengubah bangunan itu.

“Yang mungkin terjadi dalam 20 tahun adalah kami menghancurkan 85% dari bangunan-bangunan ini. Lalu tiba-tiba orang akan berkata, kami harus berhati-hati dengan 15% sisanya,” kata Silverster Adema, arsiteknya.

“Saya pikir di setiap desa ada 1,2,3 bangunan-bangunan ini [gereja]. Penting untuk menyisakan sebagiannya,” tambahnya.

Sebuah gereja di Leeuwarden lebih beruntung, karena hanya diubah fungsi menjadi perkantoran.

Tidak ada yang keberatan jika bangunan gereja beralih fungsi, itu lebih baik daripada dihancurkan. Yayasan Gereja Tua Frisian mengatakan, mereka sadar bahwa tidak semua gereja bisa diselamatkan. Meskipun demikian katanya, seharusnya pemerintah lebih terlibat dalam usaha menyelamatkan warisan arsitektur provinsi itu.

“Provinsi belum menunjukkan mana bangunan-bangunan yang layak diselamatkan. Dewan setempat hanya memutuskannya untuk sejumlah kecil bangunan,” kata Bakker. Dia menawarkan solusi penyelamatan gereja. “Provinsi harus menyediakan dana, dan pemilik bangunan bisa mengajukan permohonan dana itu.” Sekarang Dewan mungkin tidak punya cukup uang, tapi katanya, jika keadaan ekonomi baik mereka harus mempertimbangkan opsi tersebut.[di/rnw/hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

Perusahaan Roket Elon Musk SpaceX Kurangi 10% Pekerjanya

Perusahaan Roket Elon Musk SpaceX Kurangi 10% Pekerjanya

Norwegia Jualan Daging Rusa Kutub Halal

Norwegia Jualan Daging Rusa Kutub Halal

27 Pilot AU Israel Tolak Tugas Ke Palestina

27 Pilot AU Israel Tolak Tugas Ke Palestina

Nenek Obama Berdoa Agar Obama Jadi Muslim

Nenek Obama Berdoa Agar Obama Jadi Muslim

Air Suci Biang Kerok Wabah Diare di Ethiopia

Air Suci Biang Kerok Wabah Diare di Ethiopia

Baca Juga

Berita Lainnya