Jum'at, 28 Januari 2022 / 24 Jumadil Akhir 1443 H

Internasional

Marifetname Sudah Tersedia dalam Versi Inggris

Bagikan:

Hidayatullah.com –Salah satu buku yang paling terkenal dari zaman Dinasti Ustmani karya Ibrahim Hakki, diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh seorang akademisi dari Universitas Malaysia.
Marifetname (Buku Pengetahuan) yang merefleksikan persepsi zaman Dinasti Ustmani terhadap sains modern diterjemahkan oleh Dr. Ali Akbar Ziaee. 
Ibrahim Hakki lahir tahun 1703. Dia adalah seorang ilmuwan sekaligus ulama sufi. Hakki banyak menulis buku dalam berbagai bidang, termasuk sufisme, kepercayaan, pendidikan, kamus, ilmu pengetahuan alam serta puisi. 
Marifetname aslinya merupakan eksiklopedia Islam dan ilmu pengetahuan dalam bahasa Turki. Berisi aneke subyek seperti matematika, astronomi, kedokteran dan fisika. Di dalamnya juga ada diskusi tentang konsep sains modern yang membedakan antara “sains Islam” dengan “sains”. 
Disamping menulis dalam bahasa Turki, sebagaian buku-bukunya ditulis Hakki dalam bahasa Arab dan Parsi. 
Dalam Marifename yang diterjemahkan dengan judul “Islamic Cosmology and Astronomy: Ibrahim Hakki’s Marifetname”, Hakki memaparkan teori dasar dari kosmologi Islam tentang surga, neraka, barzakh, langit, bumi, planet-planet dalam tata surya kita, gerhana bulan, gerhana matahari, laut, gunung, fungsi organ manusia, penyakit dan masalah pengobatan lain serta mistik dalam Islam. 
Ali Akbar Ziaee merupakan salah satu peneliti di Unit for Translation, Editing, Critical Annotation of Manuscripts di ISTAC, Universitas Islam Internasional Malaysia.[di/wb/ hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

Komunitas Muslim Masjid Pertama

Komunitas Muslim Rayakan Peletakan Batu Pertama Masjid Pertama di Mukilteo, Washington

Israel Lanjutkan Pembangunan Pemukiman

Israel Lanjutkan Pembangunan Pemukiman

Oposisi Suriah Batal Bentuk Pemerintahan

Oposisi Suriah Batal Bentuk Pemerintahan

[Foto] Istanbul yang Tenang dan Menenangkan

[Foto] Istanbul yang Tenang dan Menenangkan

Media Sosial Sebabkan Perceraian di China Meningkat

Media Sosial Sebabkan Perceraian di China Meningkat

Baca Juga

Berita Lainnya