Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Saudara Kandung Habibie Bikin Geert Wilders Marah

Bagikan:


Hidayatullah.com—Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda, Junus Effendi Habibie membuat marah Pemimpin Partai untuk Kebebasan Belanda (PVV) yang anti-Islam, Geert Wilders,

Wilders marah terhadap adik kandung BJ Habibie itu karena dalam sebuah wawancara di koran Belanda, Junus mengatakan para pemilih PVV kemungkinan ‘orang gila’.

Menurut Wilders, istilah yang digunakan Junus untuk menggambarkan para pemilih PVV itu seharusnya tak layak dilontarkan.

Akibat kasus ini, PVV meminta Menlu Belanda, Verhagen memanggil Junus Effendi Habibie terkait ungkapannya  tentang Geert Wilders serta pemilih PVV.

Sebelumnua, Junus Effendi Habibie dalam wawancara dengan surat kabar Financiele Dagblad mengatakan, kunjungan kenegaraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bulan Oktober mendatang kemungkinan besar batal kalau PVV masuk kabinet baru Belanda. Selain itu Junus Effendi  menyebut para pengikut Wilders terjangkit ‘psikose ketakutan’. Wilders menamakan pernyataan itu ‘tidak benar dan tidak tepat.’

Tidak Campur

Kepada Radio Nederland, Junus Habibie menekankan bahwa dirinya tidak mau mencampuri urusan interen Belanda.

“Saya bilang, pemerintah saya tidak mau mencampuri urusan dalam negeri Belanda. Itu yang pertama.”

Selain itu Junus juga menyatakan bahwa kunjungan Presiden SBY dijadwalkan 6 sampai dengan 9 Oktober atas undangan Ratu Belanda.

“Presiden saya diundang oleh Ratu (Belanda) untuk datang dan ia menyatakan akan datang. Memang kalau, pemerintah Belanda banyak dipengaruhi oleh Wilders, Presiden saya akan datang tetapi tidak nyaman. Karena dia datang buat Ratu.”

Memaki Islam

Habibie juga menanggapi ungkapan Wilders yang sering menghina Islam. “Apalagi kalau Wilders memaki-maki Islam, memaki-maki Indonesia. Kok dia boleh memaki Islam? Saya kan boleh mengatakan tersinggung. Kita sebagai orang Islam tersinggung kalau kita dibilang achterlijk (terbelakang red.) dan segala macam.”

Dalam wawancaranya, Junus juga mengatakan hubungan antara Belanda dengan Indonesia bakal terganggu jika Wilders bergabung dengan pemerintahan baru. 

Junus Effendi Habibie resmi menjadi Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda sejak 29 November 2006. Junus diangkat setelah menghadap Ratu Belanda Beatrix untuk menyerahkan surat kepercayaan. [rnw/cha/hidayatullah.com] 

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

Batu Giok Raksasa Ditemukan Penambang di Myanmar

Batu Giok Raksasa Ditemukan Penambang di Myanmar

Konvoi Pemerintah Nigeria Disergap Kelompok Bersenjata, 18 Tewas

Konvoi Pemerintah Nigeria Disergap Kelompok Bersenjata, 18 Tewas

Oliver Stone: Kebrutalan Amerika Dimulai saat Jatuhkan Bom Atom

Oliver Stone: Kebrutalan Amerika Dimulai saat Jatuhkan Bom Atom

Remaja Pembeli Roti itu Wafat, Rakyat Tuding AKP

Remaja Pembeli Roti itu Wafat, Rakyat Tuding AKP

AS Jatuhkan Sanksi 4 Tentara  Myanmar karena Pelanggaran HAM Berat

AS Jatuhkan Sanksi 4 Tentara Myanmar karena Pelanggaran HAM Berat

Baca Juga

Berita Lainnya