Ahad, 14 Februari 2021 / 2 Rajab 1442 H

Internasional

Indonesia Urutan Lima Pengguna Internet

Bagikan:

 Hidayatullah.com–Indonesia kini berada pada urutan kelima pengguna internet di seluruh dunia. China yang berada di peringkat pertama (338 juta pengguna internet), Jepang (94 juta), India (81 juta), Korea Selatan (37,5 juta).
 “Saat ini, negara Indonesia berada pada urutan lima pengguna internet dari berbagai negara,” kata Sekretaris Jenderal Depkominfo, Joko Agun Hariadi, saat menghadiri kegiatan sosialisasi Undang-Undang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) yang dilaksanakan di Hotel D Maleo Mamuju, Senin.
 Menurut dia, kemajuan di bidang penggunaan internet di tanah air semakin tumbuh. Ini berarti, masyarakat Indonesia semakin meminati dunia internet untuk mangakses segala informasi yang ada.
 Ia mengemukakan, pengguna internet mobile atau internet menggunakan ponsel di Indonesia diperkirakan telah mencapai 40 juta atau sekitar 10,5 persen dari pelanggan layanan seluler.
 “Masyarakat modern saat ini semakin meminati fasilitas internet untuk mengakses segala bentuk informasi. Makanya, pemerintah pun langsung membuat produk Undang-Undang tentang ITE untuk memberikan jaminan hukum bagi pengguna internet ini,” jelasnya.
 Ia memprediksi pada lima tahun yang akan datang, pengguna internet ini akan semakin tinggi, apalagi penggunaan internet pun bisa diakses melalui ponsel.
Menurut laporan Internetworldstats (IWS), kata dia, pada tahun 2000 lalu pengguna internet di Indonesia diperkirakan sebesar 2 juta orang, sedangkan sampai akhir 2009, angkanya telah meningkat menjadi sekitar 30 juta pengguna.
 Artinya, kata dia, dalam kurun waktu tersebut, pengguna internet di Indonesia tumbuh sebesar 1.150 persen. Bila dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang sampai 30 September 2009 diperkirakan mencapai 240,2 juta, berarti penetrasi internet telah mencapai 12,5 persen dari populasi.
 Dibandingkan dengan total pengguna internet di seluruh Asia, kata dia, maka Indonesia menguasai 4,1 persen pengguna internet di asia. [ant/hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

Selama Sembunyi, Karadzic Menyamar Jadi Dokter

Selama Sembunyi, Karadzic Menyamar Jadi Dokter

Pejabat Turki dan Kurdi Membahas ISIS/ISIL

Pejabat Turki dan Kurdi Membahas ISIS/ISIL

Malaysia Tangkap 9 Tersangka Anggota ISIS

Malaysia Tangkap 9 Tersangka Anggota ISIS

HSBC Tawarkan Asuransi Islam

HSBC Tawarkan Asuransi Islam

AS dan Eropa Takut-takuti Teluk dengan Al Ikhwan

AS dan Eropa Takut-takuti Teluk dengan Al Ikhwan

Baca Juga

Berita Lainnya