Petinggi Marinir Tegaskan AS Tetap di Afghanistan

Tenggat Juli 2011 hanya akal-akal Amerika Serikat, yang sebenarnya tidak mau mundur dari Afghanistan

Terkait


Hidayatullah.com–Kepala Korps Marinir AS Jenderal James Conway mengatakan bahwa pasukan Afghanistan belum siap mengambil alih tugas pengamanan di Afghanistan selatan, setidaknya dalam beberapa tahun ke depan.

“Sejujurnya menurut saya perlu beberapa waktu sebelum kondisi di lapangan memungkinkan untuk peralihan tersebut,” kata Conway kepada wartawan, merujuk pada penugasan marinir di provinsi Helmand dan Kandahar.

Conway, yang baru kembali dari mengunjungi pasukan marinir AS mengatakan bahwa sebagian unit pasukan Afghanistan di “suatu tempat” mungkin bisa memimpin keamanan pada 2011, tapi tidak untuk di wilayah selatan yang disebut-sebut sebagai tempat kelahiran Taliban.

Pernyatan Conway itu merupakan penegasan terakhir yang keluar dari petinggi militer dan secara langsung menguatkan indikasi bahwa pasukan AS masih terus akan bertahan di Afghanistan, meskipun Juli 2011 telah ditetapkan Obama sebagai tenggat akhir penarikan seluruh pasukannya.

Dia tahu bahwa dukungan masyarakat AS atas perang di Afghanistan menurun. Namun dirinya meminta agar rakyat AS bersabar, karena menurutnya penarikan dini pasukan akan berbahaya.

“Saya merasakan negara kita semakin lelah dengan perang itu,” ujarnya sebagaimana dikutip AFP (24/8).

Dia mengutip pernyataan kolega jenderalnya bahwa “kita bisa kalah dengan cepat atau menang dengan perlahan.”

Menurut Conway, pemerintah perlu melakukan kerja yang lebih baik dalam menjelaskan misi di Afghanistan dan pentingnya menghalangi Al-Qaidah dan sekutunya dari merebut kemenangan di Afghanistan kepada publik.[di/afp/hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom

Editor: Administrator

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik:

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !