Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Muslim Filipina Sambut Gembira Bantuan Hukum Bagi Tahanan Perempuan Muslim

Bagikan:

Hidayatullah.com—Kalangan muslim Filipina, meliputi tokoh agama, akademisi, mahasiswa dan pebisnis menyambut baik lahirnya Komisi Nasional Muslim Filipina (NCMF).

NCMF, hari Senin (26/7) meningkatkan respons atas kebutuhan konstituen dengan peluncuran program hukum untuk mengunjungi dan memberikan bantuan kepada sekitar 1.000 perempuan narapidana muslim yang tengah mendekam di penjara-penjara Metro Manila.

Erbie A. Fabian, salah seorang anggota kongres menyambut baik keputusan lahirnya MCMF.

“Kami senang atas antusiasme dan sambutan gembira yang ditunjukkan oleh saudara kita muslim  selama interaksi kami dengan mereka dalam sidang umum. Yakinlah bahwa saran dan rekomendasi yang brilian mereka akan dipelajari dengan seksama oleh komite untuk pertimbangan lebih lanjut,” tegas Fabian.  

Sekretaris Eksekutif  NCMF Bai Omera Dianalan menugaskan Biro Jabatan Urusan Hukum untuk melancarkan Bantuan Hukum bagi Program Tahanan Program (LDSP) yang dipimpin  oleh seorang pengacara Edilwassif Baddiri,  untuk Urusan Hukum, dan Raida B. Maglangit, untuk urusan perempuan.

Program melekat NCMF dengan kebijakan pemerintahan Presiden Benigno C. Aquino III untuk memperluas layanan dan memberikan keadilan kepada semua orang Filipina.

Gugus tugas NCMF pertama mengunjungi tahanan wanita muslim di Institut Perempuan Tahanan (IWD) di Camp Karingal, Quezon City, pada tanggal 2 Juli dan 19, dan kemudian di Manila City Jail pada Sta. Cruz, Manila, pada tanggal 23 Juli.

Baddiri memuji kerjasama Biro Pimpinan Penjara dan Penologi (BJMP), khususnya sipir penjara Supt. Esmeralda Azucena.

Azucena meyakinkan akan menghormati kebebasan beragama para tahanan wanita muslim dan membantu dalam memfasilitasi penyelesaian kasus mereka.

Lebih lanjut, Baddiris meyakinkan bantuan NCMF untuk para tahanan wanita tersebut. “Dengan mandat kami untuk bertindak sebagai agen utama pemerintah bagi muslim Filipina yang mana dapat meminta bantuan pemerintah dan ganti rugi, kami di sini untuk memberikan dukungan hukum, medis, dan moral yang diperlukan,” ujar Baddiri di dalam sebuah program singkat diikuti dengan distribusi makanan dan obat-obatan.

Pada tanggal 23 Juli, tim NCMF-LDSP mengunjungi penjara wanita di Kota Manila di mana terdapat 81 tahanan wanita Muslim. [mbc/zbr/cha/hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

Bekas Agen Intelijen Sudan Selatan Bersumpah Akan Gulingkan Presiden Kiir

Bekas Agen Intelijen Sudan Selatan Bersumpah Akan Gulingkan Presiden Kiir

Dewan Gereja Larang “Kristenisasi” dengan Beras

Dewan Gereja Larang “Kristenisasi” dengan Beras

Mali akan Rekrut 10.000 Prajurit untuk Perangi Militan Muslim

Mali akan Rekrut 10.000 Prajurit untuk Perangi Militan Muslim

Obama Sedih dengan Bencana di Indonesia

Obama Sedih dengan Bencana di Indonesia

Inggris Gelar Kampanye di Radio Imbau Gadis Remaja Tak Gabung ISIS/ISIL

Inggris Gelar Kampanye di Radio Imbau Gadis Remaja Tak Gabung ISIS/ISIL

Baca Juga

Berita Lainnya