Sabtu, 27 November 2021 / 22 Rabiul Akhir 1443 H

Internasional

Jamaah Malaysia Umrah Naik Moge

Bagikan:

Hidayatullah.com–Sebelas orang warga Malaysia melakukan perjalanan ke Arab Saudi, melintasi 11 negara dengan mengendarai motor gede (moge). Tujuan mereka untuk menunaikan ibadah umrah.

Perjalanan sejauh 17.800 km yang ditempuh dalam 45 hari itu, menurut Haji Muhammad Assir, ketua rombongan, sebagai pengalaman yang paling memuaskan dan berkesan.

Ekspedisi yang didampingi sebuah kendaran 4W dan empat orang pengiring itu mendapat sokongan penuh dari pemerintah Malaysia. Mereka dilepas oleh PM Najib Razak pada 15 Mei, dan diterima di Jeddah oleh Konjen Malaysia Hidayat Abdul Hamid pada 28 Juni.

Menurut Hamid, perjalanan tersebut membuat Malaysia bangga, karena untuk pertama kalinya ada ekspedisi menggunakan motor besar dari Asia Tenggara ke Arab Saudi dengan tujuan melakukan umrah.

Para pengendara moge itu, katanya, terinspirasi oleh kafilah Arab zaman dahulu yang meniti Jalur Sutra dari Timur Tengah menuju Asia.

Di samping melakukan umrah, para bikers membawa misi persahabatan dengan orang-orang yang mereka jumpai di negara-negara yang dilintasinya.

Assir memang seorang biker profesional, ia anggota Israq Adventure yang telah menunggang kuda besi ke lebih dari 70 negara. Tapi bagi sebagian besar anggota ekspedisi lainnya –di antaranya adalah seorang anggota Parlemen Malaysia dan ulama– menempuh ribuan kilometer dengan motor besar adalah pengalaman yang sama sekali baru.

Untuk mencapai Arab Saudi, mereka melintasi negara Thailand, Laos, China, Kyrgyzstan, Uzbekistan, Turkmenistan, Iran, Turki, Suriah, dan Yordania. Banyak orang terkejut begitu mengetahui tujuan mereka untuk melakukan umrah.

“Saya tidak punya kata-kata untuk menggambarkan perasaan kami setelah melaksanakan umrah. Setiap orang merasa sangat lega dan di-charged secara spiritual, sehingga kami tidak memikirkan hal-hal keduniawian,” kata Assir, seperti dikutip Arab News (6/7).

Selesai umrah, Assir melanjutkan perjalanannya menuju Afrika dan kemudian Eropa. Hari Sabtu lalu, tiga orang biker asal Jeddah mendampingi Assir saat dilepas Konjen Malaysia. Mereka menemani petualangan Assir hingga ke Yanbu.

Lima dari enam bikers Jeddah dalam waktu dekat akan mengunjungi Malaysia. “Pertama mereka akan berpetualang bersama kami menjelajahi Malaysia. Begitu mereka sudah cukup terlatih, mereka mungkin akan bergabung bersama kami dalam ekspedisi lintas negara,” kata Assir. [di/an/www.hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

Ribut Kerudung di Militer Denmark

Ribut Kerudung di Militer Denmark

Putra Indonesia Sabet Juara Dua lomba Hafalan Al-Qur’an di Sudan

Putra Indonesia Sabet Juara Dua lomba Hafalan Al-Qur’an di Sudan

Iraq Berencana Rebut Perbatasan Kurdistan, Embargo Udara Dimulai

Iraq Berencana Rebut Perbatasan Kurdistan, Embargo Udara Dimulai

Sekjen OKI Menangis di Pengungsian Rohingya

Sekjen OKI Menangis di Pengungsian Rohingya

Kroni Bush Bagi-Bagi Minyak Iraq

Kroni Bush Bagi-Bagi Minyak Iraq

Baca Juga

Berita Lainnya