Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Presiden Karzai Mengaku Tidak Memiliki Properti

Bagikan:

Hidayatullah.com–Presiden Afghanistan Hamid Karzai mendapatkan gaji 525 dollar sebulan, memiliki simpanan di bank sebanyak 20.000 dollar, tidak memiliki tanah atau properti. Demikian keterangan dari daftar aset pribadi Karzai yang diumumkan oleh lembaga antikorupsi negaranya.

Daftar aset Karzai diumumkan oleh lembaga KPK-nya negara atap dunia itu kepada publik, sebagai upaya memperbesar transparansi di kalangan pejabat. Seperti Indonesia, korupsi di Afghanistan telah menjangkiti seluruh lapisan masyarakat.

Karzai yang menikahi seorang dokter (nonaktif) dan dikaruniai seorang putra, dilaporkan memiliki perhiasan dan barang berharga lain senilai $11.036.

Lembaga antikorupsi Afghanistan mendata aset milik 2.000 pejabat, termasuk para menteri, anggota parlemen, anggota militer, polisi senior, dan para pimpinan di tingkat provinsi. Aset mereka diumumkan ke publik satu per satu mulai pekan ini.

“Ini mencakup aset yang dimiliki para pejabat, istrinya dan anak-anak di bawah usia 18 tahun,” kata Mohammad Yasin Usmani, yang menjadi Ketua KPK Afghanistan kepada Reuters, Ahad (20/6).

Jika ada pejabat yang kedapatan menyembunyikan asetnya, maka akan dituntut.

Dalam daftar kekayaan itu tidak disebutkan aset yang ada di tangan saudara-saudara Karzai dan anggota keluarganya yang lain.

Karzai sendiri dicurigai sebagian kalangan telah melakukan korupsi. Sebagaimana diketahui, keluarga dekat dan kerabat Karzai banyak yang menjalankan bisnis, baik di dalam maupun luar negeri. Mereka diduga mendapat keistimewaan dalam menjalankan usahanya.

Namun hal itu dibantah oleh Karzai. Katanya, media Barat membesar-besarkan hal itu. Dia bersikukuh menyatakan, sumber terbesar korupsi adalah lemahnya pengawasan atas milyaran dollar yang dikucurkan lewat kontrak bantuan yang melumpuhkan anggaran Afghanistan.

Bulan Maret lalu, Menteri Pertahanan Amerika Serikat Robert Gates di Washington mengatakan, perlunya dilakukan pembersihan dalam prosedur-prosedur kontrak AS dengan Afghanistan.

Dalam laporan aset yang ditandantanganinya, Karzai mengaku digaji $525 sebulan, menyimpan 15.635 euros ($18.762) dan $134 dalam dua akun Commerzbank di Jerman. [di/an/rtr/www.hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

Tunisia Gelar Pemilu

Tunisia Gelar Pemilu

Di Swedia Wanita dan Orang Bernama Asing Bergaji Lebih Rendah

Di Swedia Wanita dan Orang Bernama Asing Bergaji Lebih Rendah

Pendeta Terry Jones Ditangkap dengan Ribuan Qur`an yang akan Dibakar

Pendeta Terry Jones Ditangkap dengan Ribuan Qur`an yang akan Dibakar

Hakim Korea Selesai Belajar Hukum Syariah

Hakim Korea Selesai Belajar Hukum Syariah

Diplomat Kanada yang Ditugaskan di Kuba Menggugat Pemerintahnya Sendiri

Diplomat Kanada yang Ditugaskan di Kuba Menggugat Pemerintahnya Sendiri

Baca Juga

Berita Lainnya