Israel Melecehkan Amerika Serikat

Keputusan Israel membangun 1.600 unit rumah baru di Tepi Barat Sungai Jordan menyebabkan terpuruknya hubungan AS dan Israel

Terkait

Hidayatullah.com–Duta Besar Israel di Washington, Michael Oren mengatakan, hubungan AS dan Israel belum pernah sedingin ini sejak tahun 1975 hingga sekarang.

Sebagaimana dilaporkan Press TV, Michael Oren  Senin (15/3) menuturkan, keputusan Israel membangun 1.600 unit rumah baru di Tepi Barat Sungai Jordan menyebabkan terpuruknya hubungan AS dan Israel.

Keputusan baru Israel itu diumumkan bersamaan dengan kunjungan Wakil Presiden AS Joe Biden ke Tel Aviv untuk mengupayakan perundingan tidak langsung perdamaian Timur Tengah.

Para pejabat Washington juga menilai, keputusan itu sebagai penghinaan terhadap AS.

Pemimpin Otorita Ramallah Mahmoud Abbas menyatakan bahwa penghentian penuh proyek permukiman  di Tepi Barat Sungai Jordan sebagai syarat dimulainya perundingan tidak langsung dengan Israel.

Kritik Merkel

Tak hanya AS, Kanselir Jerman Angela Merkel ikut mengkritik keras Israel karena membangun permukiman baru  di Tepi Barat. Angela Merkel seusai bertemu Perdana Menteri Libanon Saad Hariri  Senin, (15/3), selain mengkritik kegagalan proposal damai Timur Tengah, dengan nada tinggi juga mengkritik ketidakpatuhan Israel terhadap seruan masyarakat internasional, lapor IRNA.

Merkel menegaskan pentingnya memusatkan seluruh upaya pada perundingan tidak langsung antara rezim  Israel dan Palestina.

Israel pekan lalu mengumumkan program pembangunan 1.600 unit rumah baru bagi permukiman  di Baitul Maqdis Timur.

Kepala Urusan Luar Negeri Uni Eropa (UE) Catherine Ashton juga menyatakan bahwa keputusan Israel untuk memperluas permukiman  di Tepi Barat Sungai Jordan telah menyeret perundingan tidak langsung dengan Palestina dalam masalah serius. [irb/www.hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom

Editor: Administrator

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !