Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Obama: Teror di Mana pun Berada Kami Buru

Bagikan:

Hidayatullah.com–Berbicara dalam rangkaian kunjungannya ke Pusat Kontra-Terorisme Nasional di McLean, Virginia, dekat Washington DC, Obama mengatakan bahwa perang melawan teror yang dilakoni Amerika Serikat, tidak akan berkutat hanya di Afganistan dan Pakistan saja. Para pelaku teror akan menjadi target AS “di mana pun mereka berada.” Demikian kata Barack Obama Rabu (6/10).

“Kami akan membidik Al-Qaidah di mana pun mereka berada,”  kata Obama,  menegaskan bahwa AS dan mitranya telah menyampaikan pesan mereka yang jelas itu.

“Sudah jelas sekarang,” katanya menambahkan.

Ia mengatakan bahwa ancaman teror terhadap AS tidak hanya datang dari Afganistan dan Pakistan, tapi juga dari banyak tempat di dunia, termasuk Afrika Timur, Asia Tenggara, Eropa, dan Teluk Persia.

“Amerika Serikat bertekad untuk memerangi terorisme “tanpa henti,” demikian katanya.

“Kami tidak akan menyerah dalam upaya pengejaran kami, dan kami sedang mengembangkan kemampuan dan kerjasama  untuk meniadakan tempat aman bagi siapa saja yang mengancam Amerika dan sekutu-sekutunya.”

“Kami menerapkan tekanan yang terarah dan terus menerus terhadap Al-Qaidah — dengan berbagi informasi, memperkuat kemampuan mitra-mitra kami, mengganggu pendanaan  “teroris”, memotong rantai pasokan, dan menimbulkan kehilangan besar dalam kepemimpinan Al-Qaidah,” kata Obama.

Seraya membanggakan bahwa “kemajuan nyata” telah diukir AS dalam aksi anti-terornya, Obama mengatakan bahwa menghancurkan jaringan Al-Qaidah dan tempat perlindungannya, bukanlah satu-satunya tujuan.

“Harus ditujukan untuk membangun masa depan juga. Dan oleh  karena itulah mengapa kita meletakkan sebuah visi yang positif  untuk kepemimpinan AS di dunia — di mana kita memberi contoh, menjalin hubungan dengan negara-negara dan orang-orang berdasarkan pada kepentingan bersama dan saling menghormati,” demikian kata Presiden AS keturunan Afrika-Amerika itu, sebagaimana dikutip Xinhua.

Didirikan tahun 2004, Pusat Kontraterorisme Nasional merupakan sebuah lembaga pemerintah yang berada di bawah Direktur Intelijen Nasional. Lembaga ini bertanggung jawab untuk memberikan masukan kepada pemerintah AS terkait kontra-terorisme. [di/chn/www.hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

Eks Tahanan Guantanamo Jihad Diyab akan Direlokasi dari Uruguay

Eks Tahanan Guantanamo Jihad Diyab akan Direlokasi dari Uruguay

TKI Dipaksa Makan Kotoran di Singapura

TKI Dipaksa Makan Kotoran di Singapura

Parlemen India Godok RUU Kewarganegaran Berdasarkan Agama, tapi Tak Lindungi Muslim

Parlemen India Godok RUU Kewarganegaran Berdasarkan Agama, tapi Tak Lindungi Muslim

Bantuan Mulai Menuju Dar al Hadits, Dammaj

Bantuan Mulai Menuju Dar al Hadits, Dammaj

Hubungan Dewan Militer dan Ikhwan Semakin Memanas

Hubungan Dewan Militer dan Ikhwan Semakin Memanas

Baca Juga

Berita Lainnya