Al Qaradhawi: Ulama Rakyat Awam Lebih Berbahaya dari Ulama Penguasa!

Ulama yang tunduk kepada penguasa bisa terlihat, sedangkan ulama yang tunduk kepada selera awam susah terlihat

Terkait

Hidayatullah.com–Dalam acara pekanan yang disiarkan channel “Ana”, Yusuf Al Qaradhawi, Ketua Ikatan Ulama Muslim Internasional, menyatakan bahwa fuqaha yang menuruti selera pengikutnya dari kaum awam lebih berbahaya daripada fuqaha yang mengikuti selera penguasa.

“Karena siapa saja (dari ulama) yang ingin mendapat simpati dari penguasa, bisa segera terlihat, hingga pengaruhnya hanya terbatas. Berbeda dengan mereka yang menginginkan keridhaan dari mayoritas kaum awam, amat susah untuk mengungkap mereka,” ucap ulama asal Mesir ini.

Dalam acara itu, sebagaimana dilansir islamonline.net Minggu (2/8), Al Qaradhawi memperingatkan bahwa ulama yang tunduk kepada selera kaum awam tidak segan-segan mengeluarkan fatwa sesuai dengan keinginan para pengikutnya.

Dalam kesempatan yang sama beliau juga menjelaskan hubungan antara seorang faqih (ahli fiqih), mufti, dan penguasa. Beliau mengingatkan bahwa tidak semestinya ulama mengeluarkan fatwa “basa-basi” untuk penguasa, dan tunduk kepada “hawa nafsu” negara. [tho/Iol/www.hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom

Editor: Administrator

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik:

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !