Michael Jackson Tidak Mungkin Dapat Nobel

Michael Jackson bisa jadi layak mendapatkan hadiah Nobel, tapi sayangnya ia dianggap tidak memenuhi syarat

Terkait

Hidayatullah.com–Lebih dari 15.000 orang telah menandatangani petisi yang berisi pengajuan nama Michael Jackson agar diberi hadiah Nobel Bidang Perdamaian.  Para penggemarnya menggunakan website untuk mengajak orang menominasikan si Raja Pop agar diberi penghargaan setelah kematiannya.

Petisi itu dimulai oleh seorang penggemar Jackson di Norwegia, Ola Hunnestad. Diluncurkan pada April 2007, petisi itu semakin mendapat perhatian sejak kematian Jackson 25 Juni lalu. Sementara itu ribuan orang lainnya mendukung inisiatif Anneliese Nichole Brown, seorang pelajar di Los Angeles, yang dua minggu lalu merancang surat kepada komite penghargaan Nobel.

“Pesan kemanusiaan Michael selalu berakar pada rasa kasih dan kebaikan,” tulis Brown. “Ia telah berhasil memberikan dedikasi sepanjang hidupnya pada kemanusiaan. Melintasi batas politik, sosial, dan ekonomi, Michael Jackson  senantiasa menyebarkan pesan positif mengenai persatuan dunia, perbaikan keadaan, dan cinta kasih.”

Sayangnya, nominator hadiah Nobel tidak dipilih oleh panitia dari Swedia. Tidak juga berdasarkan pemilihan yang paling populer.

Para nominator itu dipilih oleh sebuah kelompok besar yang terdiri dari para pejabat internasional, professor, dan pemenang terdahulu. Mereka-mereka inilah yang diincar oleh Brown dan Hunnestad agar mau menerima usulannya.

Pada tahun 2006, Hunnestad pernah mencoba cara lain. Ia mengirim surat kepada beberapa tokoh seperti Nelson Mandela, Jimmy Carter, Kofi  Annan, dan juga kepada PBB. “Kami menyebutkan kegiatan-kegiatan amal dan kemanusiaan Michael, dan meminta mereka barangkali bersedia memberikan nominasi untuk Michael atas jasanya di bidang kemanusiaan. Sayangnya, kami tidak berhasil membuat Michael mendapat nominasi. Tapi Kofi Annan dan PBB sudah cukup baik, berkenan memberi surat balasan.”

Sebelumnya musikus Bono pernah  mendapat nominasi untuk bidang Perdamaian dan Bob Dylan untuk bidang Sastra. Tidak ada di antara keduanya yang menjadi pemenang.

Namun bagaimanapun ada  rintangan bagi Jackson untuk mendapat nominasi. Ia tidak memenuhi syarat.  Meskipun hadiah bisa diberikan kepada orang yang sudah meninggal setelah ia dinominasikan, hanya mereka yang masih hidup saja yang bisa masuk daftar nominasi penerima hadiah Nobel. [di/gd/www.hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom

Editor: Administrator

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik:

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !