Ahad, 28 November 2021 / 23 Rabiul Akhir 1443 H

Internasional

Polisi Kenya Ajak Muslim Perangi Narkoba

Bagikan:

Hidayatullah.com–Pejabat Kepolisian Propinsi Coast, Leo Nyongesa mengatakan, pejabat polisi senior pada akhir pekan melakukan pertemuan bersama dengan pengurus dari Dewan Imam dan Da’i Kenya dari berbagai bagian di propinsi itu.

Pertemuan ditujukan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan bahaya narkoba dan bagaimana para pemimpin di tingkat bawah bisa membantu polisi menangkap penyalur dan penjual narkoba.

Dalam pertemuan itu turut hadir perwakilan dari OCPD, OCS, kepala suku, imam, guru madrasah, tetua kampung, pemimpin pemuda, dan pemimpin kelompok wanita.

Nyongesa mengatakan, kerjasama antara pejabat polisi senior dan tokoh Muslim berperan penting dalam membasmi penggunaan narkoba di wilayah tersebut.

Ia menjelaskan pertemuan itu dilakukan di Kisauni, Mikindani, Mto Panga, Msambweni, Ukunda, Kwale, dan Malindi.

“Guna menanggulangi bahaya narkoba di wilayah tersebut, kami menjalin kerjasama dengan para pemimpin Islam untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat, bagaimana mereka bisa berperan dalam perang melawan narkoba,” kata pejabat polisi tu.

“Dengan keterlibatan polisi, pemimpin agama, pemerintah propinsi, para wanita, pemuda, guru madrasah, kami berharap bahaya narkoba bisa dihilangkan,” tambah Nyongesa.

Sekretaris Dewan Imam dan Dai’i Kenya, Sheikh Mohamed Khalifa mengatakan, lembaganya memutuskan untuk bekerjasama dengan polisi guna menangkap penyalur dan penjual narkoba.

Sheikh Khalifa mengatakan, para pengurus Dewan Imam, calon anggota parlemen Sheikh Mohamed Dor, beserta polisi, sukses menggelar pertemuan tersebut di berbagai bagian di wilayah propinsi.

Tokoh agama itu mengatakan, para pemimpin kelompok wanita mengkritik keras meningkatnya angka perceraian akibat para suami menelantarkan keluarganya karena menghabiskan uang mereka untuk membeli narkoba.

Di lain pihak, katanya, polisi berada di bawah kecaman karena diduga membiarkan para pengedar narkoba.

Tapi polisi, tambahnya, menyalahkan sebagian politisi di wilayah itu, yang menurut mereka telah menekan polisi untuk membebaskan anggota keluarga pejabat pemerintah yang tertangkap memiliki narkoba.

Sheikh Dor mengajak masyarakat untuk melaporkan kepada polisi jika ada yang dicurigai menjual narkoba, agar mereka bisa dibawa ke hadapan hukum. [di/tn/www.hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

Ribuan Orang Hong Kong Protes RUU Ekstradisi ke China

Ribuan Orang Hong Kong Protes RUU Ekstradisi ke China

China Minta Kamar Dagang Amerika Serikat di Chengdu Ditutup

China Minta Kamar Dagang Amerika Serikat di Chengdu Ditutup

Paus Menampik Disebut jadi Target Buruan ISIS

Paus Menampik Disebut jadi Target Buruan ISIS

Bank Dunia: 2019 Pertumbuhan Ekonomi Global Melambat

Bank Dunia: 2019 Pertumbuhan Ekonomi Global Melambat

Tidak Pecah, Presiden Macron Dilempar Telur di Lyon

Tidak Pecah, Presiden Macron Dilempar Telur di Lyon

Baca Juga

Berita Lainnya