Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Belum Habis Duka, 2 Warga Uighur Kembali Ditembak

Bagikan:

Hidayatullah.com–Menurut  radio pemerintah Cina, polisi menembak mati kedua pria tersebut untuk melindungi seorang warga lain yang sedang diserang dengan pisau oleh dua warga Uighur itu.

Polisi mendapati tiga warga Uighur mengejar seorang warga lainnya di dekat rumah sakit Jiefang Nanlu pada pkl.02:55 dinihari, di pusat kota. Ketiga warga Uighur itu membawa pisau panjang dan alat pukul. Polisi mencoba mencegah para tersangka mengejar korbannya.

Namun laporan lain menyebutkan, polisi menembak ke arah sekelompok pria warga Uighur yang bersenjata belati dan tongkat. Mereka dilaporkan menyerang polisi.

Dari Media di Hongkong diperoleh kabar, dua polisi juga terbunuh dalam insiden yang terjadi di kawasan pemukiman warga Uighur itu.

Ribuan tentara bala bantuan keamanan pusat, masih menjaga kota berpenduduk 2,3 juta jiwa itu sejak kerusuhan pecah pada Ahad (5/7) lalu.  Aparat keamanan menegaskan, situasi di ibukota Xinjiang  itu telah dipulihkan.

Sejauh ini, di luar korban yang baru saja jatuh, aparat China tetap menyebutkan jumlah 184 orang meninggal dan 1700-an terluka. Selain itu, seperti dilansir kantor berita resmi China Xinhua, sebagian besar dari mereka warga suku Han.

Warga etnis Han kini merupakan penduduk mayoritas di Urumqi. Warga etnis Uighur sudah lama mengeluhkan adanya diskriminasi.

Kerusuhan mulai terjadi saat massa warga Uighur melancarkan unjuk rasa soal perkelahian yang menewaskan dua orang Uighur, di Cina selatan di penghujung Juni

Para pejabat mengatakan, 137 korban tewas dalam kerusuhan Minggu 5 Juli adalah orang Han Cina, sedangkan 46 warga Uighur, dan seorang warga etnis Hui.

Kelompok-kelompok Uighur di pengasingan menyatakan, ratusan orang Uighur terbunuh. [bbc/xinhua/www.hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

Pendeta Ini Sebut Banjir di Louisiana Azab Akibat Perilaku LGBT

Pendeta Ini Sebut Banjir di Louisiana Azab Akibat Perilaku LGBT

Gubernur Makkah Bentuk Pansus Banjir, Ka’bah Aman

Gubernur Makkah Bentuk Pansus Banjir, Ka’bah Aman

Aids Ancam Negara-negara Islam

Aids Ancam Negara-negara Islam

TikTok konten Tidak Bermoral

Hakim Tangguhkan Larangan Unduh TikTok di Amerika Serikat

Saudi Deportasi 5.000 Warga Ethiopia Usai Kerusuhan

Saudi Deportasi 5.000 Warga Ethiopia Usai Kerusuhan

Baca Juga

Berita Lainnya