Selasa, 16 Februari 2021 / 4 Rajab 1442 H

Internasional

Iran Dapat Pembelaan Dunia Islam

Bagikan:

ImageHidayatullah.com—Dalam Wawancara Presiden Republik Islam Iran, Mahmoud Ahmadinejad dengan Televisi NBC, terkait isu nuklir Iran mendapat sorotan luas dari media masa dunia.

Dalam wawancaranya, Ahmadinejad menilai titik persamaan antara kedua paket proposal merupakan kesempatan untuk merapatkan hubungan antar negara. Namun ditekankannya bahwa bangsa Iran membedakan antara dialog dan tindakan intimidasi. Seraya menilai positif kehadiran delegasi dari AS dalam perundingan Jenewa, Ahmadinejak mengatakan, hal ini menuntut sikap positif dan adil dari Washington.

Sementara itu, Deplu AS dalam reaksinya terhadap wawancara Ahmadinejad menyatakan, Washington masih menunggu sikap pasti Tehran terkait masalah yang disepakati kedua pihak.

Kantor Berita AFP mengklaim bahwa pernyataan jubir Deplu AS menekankan batas waktu dua pekan yang diberikan AS dan sekutunya kepada Iran untuk menjawab paket usulan enam negara besar dunia.

Wakil AS di Badan Energi Atom Internasional (IAEA), Gregory Schulte, dua hari lalu menyebut perundingan Jenewa gagal. Namun pengamat menolak anggapan Schulte tersebut.

Di pihak lain berbagai dukungan terhadap program nuklir sipil Iran terus mengalir. Perdana Menteri Bahrain, Syeikh Khalifa bin Salman Aali Khalifa saat bertemu dengan Duta Besar Iran di Manama, Hosein Amir Abdullahi. Ia mengatakan, Iran bukan ancaman bagi kawasan.

Di saat yang sama, Ketua Pusat Riset Kuwait, Sami Al-Faraj saat diwawancarai Majalah Spiegel, Jerman menegaskan, program nuklir Iran berada di bawah pengawasan IAEA dan dalam kerangka Traktat Non Proliferasi Nuklir (NPT).

Sekjen Liga Arab, Amr Mousa, yang datang ke Tehran untuk menghadiri sidang Menlu negara-negara Gerakan Non Blok (GNB) menegaskan bahwa program nuklir Iran tidak menyimpang dari NPT. [irb/hid/www.hidayatullah.com]

Rep: Admin Hidcom
Editor: Ahmad Sadzali

Bagikan:

Berita Terkait

Amerika Desak Vatikan Bersikap  Keras Terhadap Putin Soal Ukraina

Amerika Desak Vatikan Bersikap Keras Terhadap Putin Soal Ukraina

Gereja Katolik Buka Pusat Anti Pelecehan Seks

Gereja Katolik Buka Pusat Anti Pelecehan Seks

Pemerintah Malaysia Ajak Rakyat Bantu Halau Paham Syiah

Pemerintah Malaysia Ajak Rakyat Bantu Halau Paham Syiah

Aktivis Perempuan Minta Haknya Menjadi Hakim

Aktivis Perempuan Minta Haknya Menjadi Hakim

Pria Bosnia Ditangkap Terkait Serangan Teror di Bataclan 2015

Pria Bosnia Ditangkap Terkait Serangan Teror di Bataclan 2015

Baca Juga

Berita Lainnya