Dompet Dakwah Media

Riset: Otak Pria Gay Mirip Perempuan Heteroseksual

Peneliti Swedia menemukan bahwa otak laki-laki gay mirip dengan perempuan heteroseksual, sementara otak wanita gay mirip dengan otak laki-laki heteroseksual

Terkait

Hidayatullah.com-Penelitian menunjukkan preferensi seksual dimulai sejak dalam rahim otak pria dan wanita gay mirip dengan otak yang ditemukan pada orang-orang heteroseksual yang berlainan jenis, kata satu penelitian.

Penelitian yang dilakukan di Swedia itu menunjukkan bahwa otak laki-laki gay mirip dengan perempuan heteroseksual, sementara otak wanita gay mirip dengan otak laki-laki heteroseksual.

Sebagian ilmuwan yakin hasil penelitian ini memperkuat dugaan bahwa orientasi seksual ditentukan di dalam kandungan.

Dengan menggunakan teknik scanning otak terhadap 90 relawan, para peneliti di Swedia mengatakan, laki-laki gay dan wanita heteroseksual memiliki otak yang sangat simetris.

Belahan kanan dan kiri otak memiliki ukuran yang hampir sama di kedua kelompok itu. Sementara laki-laki heteroseksual memiliki otak di mana belahan kanan ukurannya jauh lebih besar dari belahan kiri, hal yang menurut temuan itu juga terdapat pada otak perempuan gay.

Para peneliti juga menemukan bahwa sistem syaraf di bagian otak yang mengendalikan reaksi emosi, mood dan kegelisahan laki-laki gay dan wanita heteroseksual sangat mirip.

Tidak bisa

Menurut para penulis laporan itu, penelitian itu tidak bisa membenarkan apakah ukuran otak manusia menentukan orientasi seksual atau apakah ukuran otak ditentukan oleh orientasi seksual.

Mereka juga tidak bisa membuktikan apakah perbedaan dalam struktur otak ini disebabkan oleh seberapa besar pembentukan hormon seperti testeron di dalam kandungan.

Para peneliti berencana untuk melakukan penelitian lebih jauh terhadap otak bayi-bayi yang baru lahir guna menentukan apakah perbedaan struktur otak dapat digunakan untuk memperkirakan orientasi seksual mereka di masa depan.

Studi ini diterbitkan dalam jurnal sains Amerika, Proceedings of the National Academy of Sciences. [bbc/www.hidayatullah.com]

Rep: Ahmad Sadzali

Editor: Ahmad Sadzali

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan. Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik:

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !