Jum'at, 26 Maret 2021 / 12 Sya'ban 1442 H

Internasional

Helikopter Amerika Jatuh di Afghan

Bagikan:

Senin, 26 September 2005

Hidayatullah.com–Helikopter jenis CH-47 Chinook milik militer AS itu jatuh di wilayah konflik Deh Chopan, Provinsi Zabul, Afghanistan Tenggara. Lima kru helikopter yang terdiri atas dua pilot dan tiga penjaga berbekal senapan otomatis M-60 dilaporkan tewas.

Menurut militer AS, helikopter itu sedang menjalankan misinya untuk mendukung operasi pemulihan keamanan AS di kawasan tersebut. Selama ini, Deh Chopah selalu menjadi pusat konflik pemerintah Afghanistan yang didukung pasukan AS dengan kelompok pejuang Taliban.

Saat kecelakaan, helikopter baru menurunkan pasukan AS yang ditambahkan untuk mengamankan kawasan tersebut. Sejauh ini, penyebab kecelakaan belum diketahui dengan jelas. Namun, tidak ada indikasi serangan atas musibah itu.

Pihak Amerika buru-buru menampik jika jatuhnya karena diserang. "Tidak ada tanda-tanda yang menunjukkan bahwa pesawat jatuh akibat tembakan musuh," tutur Letkol Jerry O’Hara, jubir militer AS.

Ini berbeda dengan pernyataan pejuang Taliban. Juru bicara Taliban Mullah Latif Hakimi menelepon ke AP dan mengklaim para pejuangnya menembak jatuh heli itu. Namun, dia tak memberikan bukti atas klaim itu.

"Kami berdiri di puncak gunung ketika heli itu melintas dan kami menembaknya," katanya. Sebelumnya, info dari Hakimi dibesar-besarkan atau tidak benar. Bahkan, hubungan sebenarnya antara dia dan Taliban tak bisa diverifikasi.

Hingga kini, pasukan koalisi yang menjalankan misi perdamaian di Afghanistan telah mengalami 12 kecelakaan helikopter. Menurut militer AS, sejak 2001, sekitar 72 nyawa melayang akibat kecelakaan itu. AS memanfaatkan helikopter Chinook berbaling-baling ganda dengan ukuran yang cukup besar itu menjelajahi wilayah Afghan yang terjal dan bergunung-gunung.

Sejak pertama terjun ke medan Afghanistan, pasukan AS memanfaatkan helikopter Chinook untuk mengangkut pasukannya. Helikopter andalan itu dapat menampung hingga 34 personel. Dengan kapasitas tersebut, tugas Chinook untuk mengangkut pasukan tidak tergantikan helikopter jenis lain.

Juni lalu, pejuang Taliban di kawasan timur Provinsi Kunar menembak jatuh pesawat Chinook AS dan menewaskan 16 penumpangnya. Tiga bulan sebelumnya, helikopter Chinook dengan 18 penumpang jatuh karena cuaca buruk. Seluruh penumpang pun tewas. Kawasan timur dan selatan Afghanistan dikenal sebagai basis Taliban yang sejak 2001 digulingkan AS. (ap/afp/bbc/rtr/jp)

Rep: Ahmad Sadzali
Editor: Administrator

Bagikan:

Berita Terkait

Serangan Tentara Prancis Tewaskan Militan Mali Amadou Koufa

Serangan Tentara Prancis Tewaskan Militan Mali Amadou Koufa

Ramadhan Pertama di Masjid An-Nur Jeanfilie Paris

Ramadhan Pertama di Masjid An-Nur Jeanfilie Paris

Berulah, Lady Gaga Pakai Burqa Pink

Berulah, Lady Gaga Pakai Burqa Pink

Bela Amerika, Prancis Larang Muslim Memprotes Film

Bela Amerika, Prancis Larang Muslim Memprotes Film

Bebas dari Hukuman Mati di Saudi PRT yang Mengguna-guna Majikannya Segera Pulang

Bebas dari Hukuman Mati di Saudi PRT yang Mengguna-guna Majikannya Segera Pulang

Baca Juga

Berita Lainnya