Rabu, 24 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Internasional

Pertemuan Rahasia Menlu Indonesia dan Menlu Israel

Bagikan:

Jum’at, 16 September 2005

Hidayatullah.com—Sebuah radio milik Israel, dikabarkan telah memberitakan berlangsungnya pertemuan secara rahasia antara Menteri Luar Negeri Israel, Silvan Shalom dan Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia, Hassan Wirajuda di New York menjelang Sidang Umum PBB. Begitu seperti dikutip Radio Irib, Iran, Kamis, (15/9).

Namun, saat dikonfirmasi, Shalom menolak untuk membenarkan atau membantah adanya pertemuan tersebut. Shalom bahkan menyatakan bahwa ia saat ini tidak dalam posisi untuk membicarakan isu pertemuan tersebut.

Berbagai sumber memperkirakan, pertemuan tersebut adalah upaya Israel untuk mendekati negara-negara muslim dunia, termasuk Indonesia, setelah negara Zionis itu menarik pasukan dan warga Yahudi dari Jalur Gaza.

Sebelumnya, Shalom juga telah bertemu dengan Menlu Pakistan Khurshid Kasuri di Istanbul, Turki.

Pasca ditariknya warga Yahudi dai jalur Gaza, pihak Israel berusaha melakukan pendekatan dengan semua negeri-negeri dengan penduduk Muslim.

Sebelumnya, Menlu Wirajuda sendiri berkali-kali menegaskan bahwa Jakarta tidak akan menjalin hubungan diplomatik dengan Israel selama belum tercapai kesepakatan damai antara Israel dengan Palestina.

Tel Aviv dan Jakarta selama ini tidak memiliki hubungan diplomatik. Pemerintah Indonesia sendiri, sejak lama berusaha menghindari hubungan dengan Israel karena sebagaian besar masyarakat Indonesia, yang mayoritas Islam mendukung perjuangan bangsa dan kemerdekaan Palestina.

Di Indonesia, perihal hubungan dengan Israel merupakan isu yang amat sensitif dan bisa memancing kemarahan kalangan Muslim.

Karenanya, ketika era Gus Dur, Indonesia juga dikabarkan berusaha mendekati Israel secara diam-diam. Jika berita pertemuan secara rahasia Menlu Hasan Wirayuda dengan Israel ini benar, bukan tak mungkin peristiwa ini akan melahirkan reaksi yang berkepanjangan. (Irib/cha)

Rep: Ahmad Sadzali
Editor: Ahmad Sadzali

Bagikan:

Berita Terkait

Dinilai Hina Islam, Newsweek dicekal di Pakistan

Dinilai Hina Islam, Newsweek dicekal di Pakistan

Tokoh “Salafiyah Jihadiyah” Tunis Dirikan Partai

Tokoh “Salafiyah Jihadiyah” Tunis Dirikan Partai

AS Tarik Kapal Induk nya  dari Teluk Persia

AS Tarik Kapal Induk nya dari Teluk Persia

Jeb Bush Mundur dari Pemilihan Calon Presiden Amerika Serikat

Jeb Bush Mundur dari Pemilihan Calon Presiden Amerika Serikat

Rumania akan Pindahkan Kedutaan ke Yerusalem

Rumania akan Pindahkan Kedutaan ke Yerusalem

Baca Juga

Berita Lainnya