Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Muslim Inggris akan miliki Bank Islam

Bagikan:

Hidayatullah.com–Bank tersebut telah mendapatkan persetujuan formal untuk beroperasi dengan otoritas jasa keuangan. Ini merupakan bank Islam pertama di Eropa yang dibuat dengan system syari?ah dan disediakan untuk memenuhi kebutuhan 1.8 juta warga muslim di Inggris.

Hukum Islam memaksakan satu rangkaian pembatasan atas aktivitas bank, mencakup suatu larangan atas bunga untuk pinjaman dan melarang uang yang diinvestasikan di perusahaan yang ada hubungannya dengan hal-hal yang diharamkan seperti alkohol dan pornografi.

Sebelumnya, para pelanggan muslim yang mengharapkan ke bank syari?a bisa memutar uangnya pada penyedia HSBC yang pernah membuka layanakan syari;ah melalui Amanah Global Equity Fund atau ke bank-bank online yang lebih kecil.

Warren Edwardes, Kepala Delphi Risk Management, lembaga konsultan keuangan syari?ah yang telah didirikan semenjak tahun 1985 mengaku pasar pengguna perbankan syari?ah di Eropa sangat potensial.

?The retail Islamic banking market in the European Union of about 10 million [people] is too substantial a market to ignore,? he said. ?Pasar Perbankan Islam di Uni Eropa hamper mencapai 10 juta orang adalah hal yang terlalu substansiil untuk diabaikan,? ujarnya.

?Sampai saat ini telah ada persediaan produk perbankan Islam yang minimal pada suatu tingkat eceran, dan produk yang yang ditawarkan telah bersaing dengan alternatif konvensional.?

Presiden IBB Abdel Rahman Abdel Malik, tadinya kepala Bank Islam Abu Dhabi> Sedang manager puncak lain, datang dari institusi bank Islam. Meliputi Jordan Bank Internasional dan British-based Barclays.

The notion of Sharia-approved finance first emerged in Egypt at the start of the 1960s, and was developed in Saudi Arabia and the United Arab Emirates, growing ever bigger. Dugaan [dari;ttg] keuangan Sharia-approved lebih dulu Mesir dimunculkan di start 1960s, dan telah dikembangkan Saudi Arabia dan Emirat Arab yang dipersatukan, bertumbuh pernah lebih besar.

?Perbankan Islam hari ini adalah suatu industri yang masih dikembangkan,? ujar Iqbal Khan, Kepala Global Islamic Finance di HSBC..

Sekitar 150 lembaga keuangan Islam beroperasi di 40 negara , tetapi pengaturan pembiayaan yang diluar kebiasaan mereka membuatnya rumit untuk disediakan di Barat.

IBB merencanakan untuk membuka cabang pertamanya di London pada bulan September mendatang. Sebulan berikutnya akan juga dibuka di Birmingham dan Leicester, kota besar di Inggris, di mana selama ini pusat populasi warga muslim. (afp)

Rep: Ahmad Sadzali
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Parlemen Turki Ratifikasi Mosi Pengiriman Tentara ke Iraq dan Suriah

Parlemen Turki Ratifikasi Mosi Pengiriman Tentara ke Iraq dan Suriah

7 Muslim Kaman Dikeluarkan dari Yangon

7 Muslim Kaman Dikeluarkan dari Yangon

Khutbah Dua Masjid Suci Diterjemahkan ke Bahasa Prancis dan Malawi

Khutbah Dua Masjid Suci Diterjemahkan ke Bahasa Prancis dan Malawi

Polisi Mesir Tahan 200 Orang

Polisi Mesir Tahan 200 Orang

Bos Mossad, Meir Dagan Akan Segera Mundur

Bos Mossad, Meir Dagan Akan Segera Mundur

Baca Juga

Berita Lainnya