Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

120 Pasukan AS Dikabarkan Mati oleh Taliban

Bagikan:

Menurut laporan harian Daily Ausaf operasi yang bertujuan memberantas pasukan anti-Amerika Serikat dan pihak para boneka AS, menyebabkan 120 orang terbunuh, 40 hilang dan sejumlah lainnya yang cedera belum diungkapkan.

Jurubicara pasukan Amerika, Kol Rodney Davis mengatakan, kejadian itu menyebabkan pasukan dari Divisi 10, anggota komando Amerika dan pasukan boneka Afghan dalam operasi 16 hari di kawasan pedalaman dan berbukit di wilayah Khost, Kunar and Nuristan.

Rodney tidak menyatakan berapa jumlah sebenarnya pasukan AS yang menjadi korban. Tetapi harian Pakistan yang memetik sumber terpercaya mengatakan, operasi itu jelas meragut banyak nyawa dan kerugian bagi pasukan Amerika Serikat.

Beberapa aset penting tentera penjajah dan koalisi itu dikabarkan turut hilang dan musnah termasuk sebuah helikopter pengangkut MH-53 yang ditembak jatuh di kawasan 50 kilometer dari Kabul yang membawa 38 tentara.

Media massa internasional melaporkan hanya lima kematian dalam kejadian itu. Namun Davis menyangkal laporan itu ketika ditanya wartawan.

Operasi Mountain Resolve itu menyebabkan terlibatnya sejumlah anggota pasukan ke kawasan yang yang dikenal sukar dengan gunung-gunung terjal itu dan menjadi sasaran ampuh bagi pejuang Mujahidin, terutamanya para mujahidin Taliban yang meletakkan banyak ranjau dan jebakan tersembunyi berdasarkan laporan penduduk tempatan.

Daily Ausaf menyatakan, kebanyakan tentara pasukan koalisi pimpinan AS dan tentara ?boneka? Afghan itu meninggal di lokasi kejadian di sekitar Khost dan Nuristan.

?Kabar angin menyatakan 40 pasukan yang hilang itu dikatakan ditawan Taliban tetapi tidak seorang pun sumber kami dapat membuktikannya. Ada spekulasi lain menyebut tentera Amerika dan Afghan itu sebenarnya lari dari tugas tetapi ini belum bisa yakini.?

Sementara itu, operasi Mountain Resolve itu dikatakan bertujuan untuk mengalihkan perhatian pihak Taliban dalam pelaksanaan Loya Jirga atau konstitusi baru menuju demokrasi yang dipaksakan AS dan telah berlangsung semalam yang dihadiri 500 orang utusan dari seluruh Afghanistan pilihan AS. (da)

Rep: Ahmad Sadzali
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Bashar Kunjungi Iran, Rouhani:  Teheran-Damaskus Dilandasi Persaudaraan

Bashar Kunjungi Iran, Rouhani: Teheran-Damaskus Dilandasi Persaudaraan

Iran Coba Picu Perang Hamas-Israel Demi Rezim Suriah

Iran Coba Picu Perang Hamas-Israel Demi Rezim Suriah

Belanda Larang Merokok

Belanda Larang Merokok

Tim Bola Muslim California Resahkan Penduduk Yahudi

Tim Bola Muslim California Resahkan Penduduk Yahudi

Setelah Diminta PM Abiy Ahmed, Patriark Gereja Ortodoks Pulang ke Ethiopia

Setelah Diminta PM Abiy Ahmed, Patriark Gereja Ortodoks Pulang ke Ethiopia

Baca Juga

Berita Lainnya