Rabu, 27 Oktober 2021 / 20 Rabiul Awwal 1443 H

Internasional

Negara-negara OKI Sepakat Kerja Sama Ekonomi

Bagikan:

Hidayatullah.com–Kesepakatan itu muncul pada pertemuan tahunan ke-28 Bank Pembangunan Islam (IDB) yang berakhir di Almaty, ibukota Kazakhstan, Rabu. Lebih dari 50 negara Islam mengirim utusan pada pertemuan tersebut.

Menteri Keuangan Kazakhstan, Shaukat Aziz, selaku tuanrumah dan anggota Dewan Gubernur IDB menekankan perlunya upaya meningkatkan perdagangan dan investasi antar-negara Islam.

Ia juga berharap, pendekatan bersama dalam menghadapi masalah ekonomi global seperti Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) atau dalam mengikat perjanjian dengan lembaga-lembaga dunia seperti Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia.

Pada kesempatan tersebut, Shaukat Aziz juga mengadakan pertemuan bilateral dengan mitranya dari Arab Saudi, Kuwait, Qatar, Iran, Bahrain dan negara Islam lain untuk membicarakan hubungan ekonomi bilateral.

Dalam pertemuan tahunan IDB tersebut Republik Uzbekistan secara resmi diumumkan menjadi anggota baru IDB, sehingga sekarang IDB beranggotakan 55 negara.

Kerja sama perminyakan

Sementara itu, dari Baku, ibukota Azerbaijan, AFP juga melaporkan bahwa para pejabat energi Azerbaijan dan Kazakhstan hari Rabu melakukan pembicaraan akhir mengenai pemanfaatan jalur pipa minyak Baku-Tbilisi-Ceyhan (BTC) untuk mengekspor minyak Kazakhstan.

Kedua negara tersebut merancang suatu perjanjian yang memungkinkan Kazakhstan mengapalkan sekitar 20 juta ton minyak mentah per tahun melewati Laut Kaspia ke Azerbaijan. Dari sana minyak tersebut disalurkan melalui jalur pipa BTC ke pasaran dunia.

Pemimpin perusahaan minyak Kazakhstan Munai Gaz, Kairgeldy Kabyldin, serta pemimpin perusahaan minyak Azarbaijan SOCAR, Natiq Aliyev, menjadi ketua delegasi masing-masing pihak.

Perundingan juga melibatkan eksekutif konsorsium BTC yang terdiri atas British Petroleum (Inggeris), Total (Perancis), Staoil, Conoco (AS), Phillips dan Delta Hess.

Jalur pipa BTC sedang dibangun dengan biaya 2,95 milyar dolar AS, terutama untuk menyalurkan minyak Azarbaijan dari Laut Kaspia melalui Georgia dan Turki, ke terminal kapal tanker di Laut Mediteranian.

Cadangan minyak bumi dalam jumlah besar ditemukan di Kazakhstan. Negara Asia Tengah tersebut dapat menjadi salah satu penghasil minyak terbesar di dunia. [Ant/gtr]

Rep: Ahmad Sadzali
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Obama: Intervensi Militer AS di Suriah Sebuah Kesalahan

Obama: Intervensi Militer AS di Suriah Sebuah Kesalahan

Diguyur Hujan, Mekkah Masuki Musim Dingin

Diguyur Hujan, Mekkah Masuki Musim Dingin

PRT Hong Kong Menuntut Tugas Membersihkan Jendela di Bangunan Tinggi Dilarang

PRT Hong Kong Menuntut Tugas Membersihkan Jendela di Bangunan Tinggi Dilarang

Disangka Wanita Muslim, Biarawati Diusir dari Pesawat

Disangka Wanita Muslim, Biarawati Diusir dari Pesawat

Akef Ajak Pemerintah Mesir Berunding

Akef Ajak Pemerintah Mesir Berunding

Baca Juga

Berita Lainnya