Senin, 12 Juli 2021 / 2 Zulhijjah 1442 H

Internasional

Habis SARS, Terbitlah EV71

Bagikan:

Satu virus baru dikenali sebagai enterovirus 71 (EV71) mengejutkan warga Vietnam kemarin. Setidaknya, 21 anak-anak di bawah lima tahun meninggal dunia secara mendadak akibat di jangkiti virus yang mirip SARS ini.

Laporan menyebut virus pertama EV71 dilaporkan pada 28 Januari lalu di rumash sakit anak Nombor 1 Ho Chi Minh dan menyebabkan kematian 21 anak-anak.

Seorang Pejabat Kementrian Epidemiologi negara itu menyebutkan, sejak laporan pertama adanya virus ini, menyusul kemudian 32 lagi terjadi kasus EV71.

“Kami sudah mengirim pakar untuk mengawasi keadaan. Kami juga mengirim beberapa uji coba ke ASdan Jepang untuk mengesahkan bahwa ia benar-benar EV71,” katanya.

Dari 32 kasus yang terjadi baru-baru ini, 13 menyerang anak-anak di sebuah kawasan perniagaan di selatan ibu kota negara itu. Lima anak-anak masih dirawat di rumah sakit di ibu kota Vietnam itu karena diyakini EV71.

Gejala EV71 diantaranya; demam, pendarahan otak, encephalitis dan penyakit kuku dan mulut.

EV71 tersebar luas pertama kali di Taiwan pada 1998 yang menyebabkan 78 orang meningal. Wabah yang cukup kecil terjadi pada 2000 dan 2001. Kasus pertama EV71 sebelum di Taiwan telah terjadi di California tahun 1969 sebelum tersebar ke banyak negara.

Salah satu pejabat badan kesehatan PBB WHO serta para pejabat Kamboja mengatakan belum bisa dibuktikan kasus ini adalah SARS. Namun penyakit baru ini memiliki ciri yang sama dengan SARS. Diantaranya menyerang radang paru-paru (pneumonia) dan pernafasan.(afp/bh/

Rep: Ahmad Sadzali
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

ISIS Tak Pantas Disebut Negara Islam

ISIS Tak Pantas Disebut Negara Islam

8 Tentara AS Tewas di Afghanistan dalam Sehari

8 Tentara AS Tewas di Afghanistan dalam Sehari

Erdogan pembagian vaksin

Erdogan Menyeru OKI Gelar Pertemuan Darurat Respon Al Quds

Apa Artinya Kematian Pemimpin ISIS Al-Baghdadi Bagi Nigeria

Apa Artinya Kematian Pemimpin ISIS Al-Baghdadi Bagi Nigeria

Amerika Konfirmasi Kematian Godane Pemimpin Al-Shabab

Amerika Konfirmasi Kematian Godane Pemimpin Al-Shabab

Baca Juga

Berita Lainnya