Rabu, 3 Maret 2021 / 19 Rajab 1442 H

Info Haji & Umrah

Jama’ah Haji Tahun Ini Telah Mulai Tiba di Mekkah

SPA
Bagikan:

Hidayatullah.comPihak berwenang di Arab Saudi mengkonfirmasi bahwa jama’ah haji mulai turun ke kota suci pada Sabtu (25/7/2020) malam untuk mempersiapkan ziarah, yang tahun ini dimulai pada 29 Juli, The Arab News melaporkan.

“Jama’ah haji tiba di Rumah Suci Tuhan di Mekah,” kata kantor resmi Saudi Press Agency [SPA] melalui Twitter.

Meskipun biasanya selalu dihadiri jutaan orang yang berkumpul di kota Islam yang paling suci, musim haji tahun ini datang dalam keadaan berbeda. Pihak berwenang Arab Saudi memberlakukan langkah-langkah ketat di tengah pandemi koronavirus global yang sedang berlangsung.

Sekitar 2,5 juta orang dari seluruh dunia biasanya berpartisipasi dalam ritual yang berlangsung selama beberapa hari, berpusat di kota suci Mekah.

Tahun ini Arab Saudi mengumumkan akan mengadakan haji yang “sangat terbatas”, membatasi ziarah hanya untuk 1.000 orang yang memang sudah berada di kerajaan itu, 70 persen di antaranya diperuntukkan buat orang asing.

Namun, laporan pers telah menyarankan hingga 10.000 orang untuk ambil bagian.

Ritual itu akan dibatasi untuk para profesional medis dan personel keamanan yang telah pulih dari virus, kata kementerian haji.

Kementerian Dalam Negeri Saudi menegaskan dalam sebuah pernyataan yang dibawa oleh SPA bahwa mereka telah memberlakukan penjagaan keamanan yang ketat di sekitar situs-situs suci, memperingatkan terhadap mereka yang berusaha menyelinap masuk ke dalam partisipasi dalam haji tanpa izin sebelumnya.

Setidaknya 16 orang telah ditangkap karena melanggar penjagaan, kata pernyataan itu.

Keputusan untuk mengecualikan jamaah yang datang dari luar Arab Saudi adalah yang pertama dalam sejarah modern kerajaan dan telah memicu kekecewaan di kalangan Muslim di seluruh dunia, meskipun banyak yang menerimanya perlu karena pandemi.

Para jamaah haji akan diuji untuk virus corona sebelum tiba di Mekah dan diharuskan untuk karantina di rumah setelah ritual, menurut pejabat kesehatan.

Arab Saudi telah mengalami peningkatan dalam infeksi dan kematian yang dikonfirmasi dari Covid-19 sejak mengurangi pembatasan pergerakan pada akhir Mei. Dan negara tersebut belum memulihkan hubungan udara internasional.

Ibadah haji, salah satu rukun Islam, berpotensi menjadi sumber penularan utama, karena pelaksanaannya melibatkan jutaan jam’ah ke situs-situs keagamaan yang padat.

Liga Dunia Muslim yang berpusat di Saudi dan Organisasi Kerjasama Islam telah mendukung langkah pemerintah Saudi untuk kesehatan dan keselamatan para peziarah.

Sementara, ibadah umrah sepanjang tahun yang skalanya lebih kecil sudah ditangguhkan sejak bulan Maret.*

Rep: Fida' A.
Editor: Rofi' Munawwar

Bagikan:

Berita Terkait

Dinilai Ada Keanehan, Pengelolaan Dana Haji Harus Dilakukan Secara Transparan

Dinilai Ada Keanehan, Pengelolaan Dana Haji Harus Dilakukan Secara Transparan

Masa Tunggu Haji di Malaysia Sampai 121 Tahun

Masa Tunggu Haji di Malaysia Sampai 121 Tahun

Madinah, Kota yang Selalu Dirindukan

Madinah, Kota yang Selalu Dirindukan

Innalillahi, Kabar Duka Dari Mina, Ratusan Jamaah Haji Meninggal Akibat Berdesakan

Innalillahi, Kabar Duka Dari Mina, Ratusan Jamaah Haji Meninggal Akibat Berdesakan

148 Jamaah Ditemukan Tersesat di Masjidil Haram

148 Jamaah Ditemukan Tersesat di Masjidil Haram

Baca Juga

Berita Lainnya