Senin, 6 Desember 2021 / 2 Jumadil Awwal 1443 H

Info Haji & Umrah

Kemenag Imbau Para Alumnus Petugas Haji Peduli Korban Banjir

abdul mansur j/hidayatullah.com
Tim SAR melakukan evakuasi pada banjir di Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta, Rabu (01/01/2020).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Bencana banjir yang melanda wilayah Jabodetabek dan sekitarnya memang sudah surut, namun dampak banjir masih dirasakan para korban hingga Senin (06/01/2020).

Oleh karena itu, berbagai elemen masyarakat diimbau untuk terus menunjukkan solidaritasnya terhadap para korban bencana tersebut.

Begitu pula, Kementerian Agama mengimbau para alumnus petugas haji agar peduli terhadap musibah banjir yang melanda sejumlah daerah di Indonesia di awal 2020 ini.

“Bencana sudah berlalu, alam sudah mengingatkan kita semua. Seandainya Allah Subhanahu Wata’ala mau, Dia tidak perlu bantuan. Tapi Allah melihat keperdulian mahluknya dalam menghadapi musibah ini,” ujar Direktur Bina Haji Khoirizi yang menyampaikan imbauan tersebut di Jakarta, Ahad kemarin.

Baca: 409 Ribu Warga Korban Banjir-Longsor Jabodetabek, Kota Bekasi Paling Banyak

Menurut Ketua Dewan Pembina Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia (FKAPHI) ini, ada dua tugas dan fungsi sebagai petugas haji yang harus dilakukan sepanjang hayat.

Pertama, melakukan pembinaan, pelayanan, perlindungan, ketahanan dan kemandirian jamaah haji dalam rangka sukses haji setiap tahun.

Kedua, berperan serta dalam memperkuat shaleh pribadi dan shaleh sosial dengan melakukan dakwah, pendidikan, dan amal sosial.

Kepedulian untuk menyampaikan bantuan bagi penyintas musibah banjir merupakan salah satu wujudnya.

“Yuk kita peduli sekecil apapun yang kita beri Allah Subhanahu Wata’ala pasti mencatatnya sebagai pahala. Aamiin,” ajak Khoirizi kutip website resmi Kemenag.

Baca: “Terima Kasih Relawan Telah Menyelamatkan Bayi Saya dari Banjir”

Ia mengatakan, setiap tahun Indonesia memberangkatkan kurang lebih 4.000-an petugas haji ke Tanah Suci.

Para petugas haji yang telah diberangkatkan itu diharapkan turut memberikan dampak kepada masyarakat sepulangnya dari bertugas di Makkah dan Madinah.

Secara terpisah, Ketua Umum Pengurus Besae FKAPHI Affan Rangkuti mengaku bahwa ia telah menginstruksikan jajaran pimpinan wilayah FKAPHI agar bergerak mengatasi musibah banjir ini.

Pengurus Wilayah FKAPHI Provinsi Banten misalnya, menurut Affan Ahad kemarin menyampaikan bantuan langsung kepada masyarakat di Lebak yang terkena musibah banjir bandang. “Ini langsung dikabarkan Ketua Wilayah FKAPHI Banten H Deni Rusli,” sebutnya.

Sementara Pengurus Besar FKAPHI di bawah koordisasi Direktorat Dakwah, Bimbingan dan Penyuluhan Haji dan Umrah Pengurus Besar FKAPHI HM Wildan Samani melakukan penggalangan dana peduli banjir.*

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Lelahnya Perjalanan dari Madinah “Hilang” Saat Jamaah Tiba di Makkah

Lelahnya Perjalanan dari Madinah “Hilang” Saat Jamaah Tiba di Makkah

Muslimah Masjidil Haram Nabawi

Arab Saudi Sediakan Klinik Kesehatan Keliling bagi Jamaah Haji

Syeikh Al Qaradhawi: Syuhada Haram Dapati Dua Kemuliaan Sekaligus!

Syeikh Al Qaradhawi: Syuhada Haram Dapati Dua Kemuliaan Sekaligus!

Indonesia Protes Layanan Angkutan Haji

Indonesia Protes Layanan Angkutan Haji

Perkuat Pengawasan Penyelenggara Umrah, Kemenag Buat SIPATUH

Perkuat Pengawasan Penyelenggara Umrah, Kemenag Buat SIPATUH

Baca Juga

Berita Lainnya