Arab Saudi akan Perluas Layanan Eyab bagi Semua Jamaah Haji

Eyab nantinya tidak hanya menyasar negara tertentu tapi seluruh jamaah haji yang ada.

Arab Saudi akan Perluas Layanan Eyab bagi Semua Jamaah Haji
MCH2019
Jamaah haji Indonesia menikmati layanan Eyab di Bandara Prince Mohammed bin Abdulaziz, Madinah.

Terkait

Hidayatullah.com– Pemerintah Kerajaan Arab Saudi memastikan akan meneruskan program Eyab sebagai layanan percepatan pemulangan jamaah haji pada tahun-tahun mendatang.

Kepala Bandara Prince Mohammad Bin Abdul Aziz Madinah, Madjid Abu Daud, mengatakan, Arab Saudi pun berjanji untuk terus menambah jumlah jamaah haji yang mendapatkan fasilitas dari inovasi ini.

Menurutnya, Eyab nantinya tidak hanya menyasar negara tertentu tapi seluruh jamaah haji yang ada.

“Kami akan meningkatkan jumlahnya setiap tahun dan terus mengakomodasi banyak jamaah haji ke depannya. Ini adalah tahun pertama dan saya berharap kami bisa menambah dari tahun ke tahun dan bisa melayani semuanya suatu saat nanti,” ujarnya di Lounge Eyab, saat menyambut jamaah haji Indonesia, baru-baru ini kutip Media Center Haji, Jumat (06/09/2019).

Baca: Kemenag Akan Tambah Konsultan Ibadah Haji Perempuan

Pada musim haji tahun 1440H/2019M ini, jumlah jamaah haji yang menikmati Eyab ditargetkan sebanyak 30.000 orang.

Jumlah ini akan terus bertahan setiap tahun, termasuk negaranya. Arab Saudi akan belajar dari pelaksanaan Eyab pada tahun pertama ini, sehingga ke depannya diharapkan lebih baik lagi.

Madjid mengatakan, Indonesia menjadi negara pertama yang menikmati program Eyab karena pengelolaan jamaah hajinya sangat baik dan mengikuti instruksi yang diberikan, sehingga membuat pekerjaan petugas Arab Saudi menjadi sangat mudah.

Baca: Dinilai Efektif, Sistem Zonasi Jamaah Haji Akan Dipertahankan

Apresiasi senada pun disampaikan Wakil Menteri Haji dan Umrah Bidang Ziarah di Madinah, Mohammad Abdurrahman Albejawi.

Indonesia dipilih, sebab, persiapan dan sistem pengelolaan jamaah hajinya sangat baik. Hal itu bisa dilihat pada awal kedatangan jamaah haji Indonesia di Bandara Madinah. Pengaturannya pun dinilai sangat baik dan rapih.

“Ini juga diperlihatkan dengan kerja sama pihak pemerintah maupun kantor urusan haji itu sangat erat sekali, sehingga bisa terealisasi inovasi ini,” ungkapnya.

Abdurrahman mengaku sangat senang, sebab, setiap tahun selalu ada inovasi pelayanan yang dilakukan pemerintahnya untuk jamaah haji.

Baca: Somalia Ingin Belajar dari Indonesia dalam Manajemen Haji

Sebelumnya, ada layanan fast track untuk mempercepat kedatangan jamaah haji di Arab Saudi dan tahun ini ada Eyab yang mempercepat pemulangan jamaah haji ke Tanah Air.

“Kami berharap inovasi ini ke depan akan lebih baik dan akan lebih banyak jamaah haji yang diterima di Eyab. Dari Indonesia dan mungkin negara-negara lain akan diikutsertakan dalam inovasi ini,” ujarnya.*

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !