Jum'at, 9 Juli 2021 / 30 Zulqa'dah 1442 H

Info Haji & Umrah

Kakek 94 Tahun Diundang Raja Salman Naik Haji, Diantar Dubes Saudi

istimewa
Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam Abid Althagafi menyambut kehadiran Kakek Uhi dan keluarganya di bandara.
Bagikan:

Hidayatullah.com– Memang tidak ada yang mustahil kalau Allah sudah berkehendak. Seorang kakek berusia 94 tahun bersama keluarganya bisa berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji pada tahun 1440H/2019M ini, tanpa mengeluarkan duitnya sama sekali.

Istimewanya lagi, Uhi, nama kakek ini, berangkat haji dengan diantar oleh Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Esam Abid Althagafi, di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng, Tangerang, Banten.

Di usianya yang hampir mencapai 1 abad itu, kakek Uhi mendapat undangan naik haji dari Raja Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud dan Putera Mahkota Muhammad bin Salman. Padahal, bisa dibilang kakek Uhi bukanlah siapa-siapa.

Selasa (30/7/2019) itu, rasa haru dan bahagia menyelimuti kakek Uhi. Hari yang sangat ia nanti-nanti akhirnya tiba. Ia meninggalkan kampung halamannya untuk memenuhi panggilan Allah ke Baitullah.

Dalam video yang dibagikan Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta, kakek Uhi tampak begitu gembira saat hendak berangkat. Ia berbaju Muslim dan celana panjang warna putih serta kopiah hitam. Bersama sejumlah kerabatnya, ia menggelar doa di rumah mereka yang sederhana, sebelum pergi ke bandara.

Kakek Uhi terlihat terharu. Sesekali dia mengusap wajahnya, menahan tetes air mata. Setelah doa bersama, mereka pun menuju mobil minibus yang akan membawa rombongan ini. Lazimnya di kampung-kampung, para kerabat yang turut mendampi kakek Uhi tampak bersedekah, membagikan uang ke anak-anak kecil di lingkungan tempat tinggal.

Uhi dilepas para kerabat dengan pelukan dan iringan doa. Momen langka itu terjadi di bandara. Dubes Saudi menyambut kehadirannya.

Sang kakek pergi haji bersama keluarganya dengan penerbangan pukul 20.00 WIB, Selasa (30/07/2019). Di Tanah Suci, Uhi pun menjadi tamu kerajaan yang biasanya terdiri dari rombongan para ulama dan aktivis dakwah.

Mereka yang mendapatkan undangan khusus ini biasanya termasuk para santri dan akademisi yang sudah berkontribusi positif terhadap dunia Islam.

Lantas, siapa gerangan kakek Uhi dan keluarganya itu yang mendapatkan undangan spesial dari Kerajaan Arab?

Cerita bermula dari video kakek Uhi bersama beberapa anggota keluarganya yang meminta agar Raja Salman dan Putera Mahkota Muhammad bin Salman mengundang mereka beribadah haji.

Rupanya, video itu viral di kalangan masyarakat Arab Saudi. Begitu viral sekitar dua pekan lalu, puluhan dermawan dari negeri petro dolar itu pun ramai-ramai menyampaikan niat baik mereka untuk dapat menghajikan kakek Uhi.

Hingga kemudian sampai ke Raja Salman dan Putra Mahkota. Keduanya pun mengundang kakek Uhi dan keluarganya untuk naik haji.

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam Abid Althagafi menyambut kehadiran Kakek Uhi dan keluarganya di bandara. [Foto: Istimewa]

Undangan haji dari Raja Salman dan Putra Mahkota Saudi disampaikan langsung oleh Duta Besar Saudi Esam. Beberapa waktu lalu, Esam mengundang kakek Uhi ke Kedutaan Besar Arab Saudi.

“Raja Salman dan Putra Mahkota Muhammad bin Salman memerintahkan untuk segera memproses keberangkatan ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji,” ujar Dubes Esam.

Esam menuturkan, kakek Uhi akan bertemu Raja Salman saat menjalankan ibadah di Arafah, Mudzalifah dan Mina (Armina).

”Beliau bersama tiga anak perempuan, seorang cucu laki-laki dan cucu menantu perempuan mendapat fasilitas eksklusif,” kata Esam dalam keterangan tertulis.

Dubes pun mendoakan kakek Uhi dan keluarga agar senantiasa dalam keadaan sehat, serta diberi kekuatan dalam menjalankan seluruh kegiatan ibadah haji.

Kakek Uhi juga didoakan agar menjadi haji mabrur dan kembali bersama keluarga di Tanah Air dengan selamat.* (IN/INI/SKR)

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Umrah arab Saudi

Daftar Tunggu Haji Sampai 15 Tahun, Banyak Warga Beralih ke Umrah

Dirjen PHU Minta Haji Khusus Bayar Dam ke IDB

Dirjen PHU Minta Haji Khusus Bayar Dam ke IDB

Sudah 17 Jamaah Wafat, 125.365 Calon Haji Tiba di Saudi

Sudah 17 Jamaah Wafat, 125.365 Calon Haji Tiba di Saudi

Menag Dukung Penuh Kepolisian Usut Tuntas Kasus Gagal Umrah

Menag Dukung Penuh Kepolisian Usut Tuntas Kasus Gagal Umrah

[Berita Foto] Suasana Darurat di Rumah Sakit Mina

[Berita Foto] Suasana Darurat di Rumah Sakit Mina

Baca Juga

Berita Lainnya