60% Jamaah Haji Indonesia Lansia, Tantangan Petugas Melayani

"Ketika niat sudah dicamkan di lubuk hati maka kita tidak akan lari daripada jamaah, lari dari persoalan tapi kalau itu tidak dicamkan di lubuk hati kita, maka kita akan selalu menghindari dari persoalan."

60% Jamaah Haji Indonesia Lansia, Tantangan Petugas Melayani
ismail untuk hidayatullah.com
Jutaan jamaah haji dari seluruh dunia melakukan thawaf mengelilingi Ka'bah di Makkah, Arab Saudi.

Terkait

Hidayatullah.com– Direktur Bina Haji Kementerian Agama, Khoirizi Dasir, mengatakan bahwa 60 persen jamaah haji Indonesia masuk pada golongan lansia (berusia di atas 65 tahun) dan 54 persen perempuan pada musim haji tahun ini.

Oleh karena itu, petugas haji diminta untuk bertugas secara disiplin, memberikan pelayanan, pembinaan dan perlindungan kepada para jamaah, serta tidak menjadikan mereka sebagai beban.

“Ini semua adalah masalah yang akan kita hadapi, tetapi jangan ini dianggap beban, justru jadikan tantangan sehingga teman-teman bisa semangat untuk bekerja,” ujar Khoirizi.

Pesan itu disampaikan untuk Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Tahun 1440H/2019M yang mulai diberangkatkan hari ini, Kamis (04/07/2019).

Baca: Jamaah Haji Indonesia akan Diberangkatkan Mulai 6 Juli

Sebanyak 446 petugas haji non-kloter yang akan bertugas di Kantor Urusan Haji, Daerah Kerja (Daker) Madinah, Bandara, termasuk petugas kesehatan itu melaksanakan apel pagi sebelum diberangkatkan ke tanah suci, sekitar pukul 06.00 WIB.

Hadir sebagai inspektur upacara, Kapuskes Haji Eka Jusup Singka yang mengingatkan pada seluruh petugas haji agar tetap menerapkan kedisiplinan yang telah ditanamkan saat pembekalan di asrama haji.

Senada dengan Kapuskes, Khoirizi Dasir berharap agar para petugas bisa menanamkan kedisiplinan dalam lubuk hati paling dalam saat bertugas melayani, membina, dan melindung para tamu Allah tersebut.

“Ketika niat sudah dicamkan di lubuk hati maka kita tidak akan lari daripada jamaah, lari dari persoalan, tapi kalau itu tidak dicamkan di lubuk hati kita, maka kita akan selalu menghindari dari persoalan,” ujar Khoirizi.

Baca: Kuota Jamaah Ditambah, Pemandu Haji Harus Bekerja Lebih Keras

Mengenai kesiapan petugas, Khorizi menyatakan rasa syukurnya karena petugas sudah dilatih untuk berdisiplin dan diharapkan dapat mengimplementasikan harapan yang diberikan oleh Menteri Agama, Dirjen PHU, dan semua narasumber yang sudah membekali para petugas saat pembekalan.

“Begitu kita sampai harus langsung mempersiapkan diri, karena tanggal 6 Juli  jam 10 kloter pertama Surabaya sudah mendarat di  Madinah,” ujarnya lansir Kemenag.

Sejak Rabu kemarin, suasana Asrama Haji Pondok Gede mulai terlihat ramai seiring segera dimulainya masa operasional haji. Petugas haji non kloter mulai memasuki asrama yang letaknya berdekatan dengan Rumah Sakit Haji Jakarta.

Petugas haji yang siap diberangkatkan itu tidak hanya berasal dari Kementerian Agama, namun juga berasal dari berbagai instansi, seperti TNI, Polri, dan Kementerian Kesehatan.

Sedangkan jamaah calon haji asal Indonesia musim haji tahun 1440H/2019M akan diberangkatkan mulai Sabtu (06/07/2019) mendatang. Jamaah yang akan diberangkatkan pada tanggal tersebut, mulai memasuki asrama haji pada Jumat (05/07/2019).

Demikian tercantum dalam Rencana Perjalanan Haji (RPH) 1440H/2019M yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU).*

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !