Jum'at, 28 Januari 2022 / 24 Jumadil Akhir 1443 H

Info Haji & Umrah

450 Jamaah Calhaj Kloter 1 Embarkasi Surabaya Diberangkatkan

furqan
Menag Lukman memberikan sambutan pada pelepasan kloter pertama Embarkasi Surabaya di Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (17/07/2018).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Hari ini, Selasa (17/07/2018) kelompok terbang (kloter) pertama jamaah (calon) haji Indonesia diberangkatkan ke Tanah Suci. Informasi diterima hidayatullah.com dari Kementerian Agama, pelepasan kloter pertama jamaah haji Embarkasi Surabaya (SUB 01) di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur, oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Menag Lukman pada Selasa pagi ini melepas 450 jamaah calon haji Embarkasi Surabaya. Para jamaah ini berangkat ke Tanah Suci menggunakan pesawat Saudi Airlines sekitar pukul 10.00 WIB dari Bandara International Juanda Surabaya di Sidoarjo.

Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Sesditjen PHU) Muhajirin Janis mengatakan, bersamaan dengan jamaah SUB 01, akan ada 10 kloter lain yang akan diberangkatkan hari ini dari lima embarkasi lainnya.

Baca: Haji Tahun Ini Pemeriksaan Imigrasi Jamaah Indonesia dan Malaysia Lebih Cepat

“Jadi total ada 11 kloter dari seluruh Indonesia yang berangkat hari ini,” tambahnya di Embarkasi Surabaya.

Mereka yang dijadwalkan berangkat pada hari pertama berasal dari embarkasi Surabaya/SUB (3 kloter), Padang/PDG (1 kloter), Lombok/LOP (1 kloter), Solo/SOC (4 kloter), Jakarta – Pondok Gede/JKG (1 kloter), serta Makassar/UPG (1 kloter).

Tahun ini,  total ada 37.055 jamaah yang akan diberangkatkan dari Embarkasi Surabaya. Mereka berasal dari Jawa Timur,  Bali,  dan NTT.

Sementara itu, sejumlah barang bawaan jamaah calon haji kloter I asal Situbondo disita petugas saat akan keluar dari Asrama Haji Sukolilo Surabaya pada Selasa pagi. Barang bawaan jamaah yang disita petugas antara lain batu kerikil, paku, tang, pisau, dan sejenisnya.

Baca: Aplikasi Haji Pintar 2018 Sudah Tersedia untuk Diunduh

Menurut Humas PPIH Embarkasi Surabaya Isnawati, barang-barang yang disita petugas berasal dari puluhan jamaah haji kloter I asal Situbondo dan kloter II asal Bondowoso.

“Jauh hari kami sudah sosialisasi agar jamaah haji tidak membawa barang-barang yang memang tidak dibenarkan untuk dibawa ke Arab Saudi. Namun sebagian jamaah tidak mengindahkan imbauan tersebut,” ujar Isnawati di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

Pemberangkatan jamaah perdana asal Jatim yang terbagi dalam 3 kloter tersebut berjumlah 1.350 jamaah dengan rincian 450 jamaah per kloter.

“Total jamaah haji asal Jatim yang berangkat ke Tanah Suci berjumlah 37.055 jamaah haji,” ujar Isnawati.*

Baca: Istithaah Kesehatan Haji, Syarat Utama Pemberangkatan Jamaah

Rep: Admin Hidcom
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Siapkan Penyelenggaraan Haji, Tim Penyedia Layanan Sudah di Tanah Suci

Siapkan Penyelenggaraan Haji, Tim Penyedia Layanan Sudah di Tanah Suci

Awal Tahun, Menag ke Jeddah Teken MoU Haji 2017

Awal Tahun, Menag ke Jeddah Teken MoU Haji 2017

Korban Wafat Tragedi Mina Meningkat Menjadi 769 Orang

Korban Wafat Tragedi Mina Meningkat Menjadi 769 Orang

Fase Pemulangan Dimulai, Jamaah Diminta Jaga Kemabruran Haji

Fase Pemulangan Dimulai, Jamaah Diminta Jaga Kemabruran Haji

Biaya Ibadah Haji 2014 Ditetapkan Rp 33,7 Juta

Biaya Ibadah Haji 2014 Ditetapkan Rp 33,7 Juta

Baca Juga

Berita Lainnya