Kamis, 25 Maret 2021 / 12 Sya'ban 1442 H

Info Haji & Umrah

Arab Saudi Pertimbangkan Musim Umrah menjadi 10 Bulan

Arab News
Bagikan:

Hidayatullah.com– Pemerintah Arab Saudi sedang mempertimbangkan rekomendasi melanjutkan musim umrah dari delapan bulan menjadi 10 bulan. Demikian laporan media Arab Saudi menukil sumber-sumber terkait.

Komite Pemerintah Saudi menyarankan pihak-pihak terkait agar masa pelaksanaan umrah diperpanjang menjadi 10 bulan dalam setahun. Sebelumnya Saudi menetapkan bahwa pelaksanaan umrah dalam setahun hanya berlangsung selama 8 bulan.

Rekomendasi  terbaru ingin mencantumkan bulan Muharram dan Syawal ke dalam musim umrah dibuat sebagai bagian dari visi baru bagi Makkah dan Madinah, demikian menurut sumber ditukil situs Arab News.

Visa-visa umrah saat ini adalah untuk periode antara bulan Safar dengan ujung bulan Ramadan.

Rekomendasi itu juga seiring dengan sasaran Visi Saudi 2030, yang bertujuan menaikkan jumlah jemaah umrah dari delapan juta ke 30 juta pada tahun 2030.

Visi itu juga berarti memperkaya perjalanan keagamaan dan kebudayaan para jemaah di Arab Saudi melalui kerja-kerja bangunan dan perluasan museum-museum dan situs-situs bersejarah dan penuh budaya.

Menurut visi tersebut, museum Islam terbesar di dunia akan dibangun, mengumpulkan, menyimpan, menampilkan dan merekam barang-barang yang dimaksudkan untuk mendidik para pengunjung tentang sejarah Islam yang kaya.

Dewan Kewirausahaan dan Industri Makkah (MCCI) menyelenggarakan lokakarya untuk membahas secara rinci rute-rute bagi pertumbuhan berkelanjutan di semua sektor bisnis di Makkah melalui haji and umrah, lapor Arab News.

Ketua MCCI, Mahir Jamal mengatakan periode selanjutnya adalah ketika proyek-proyek besar di Makkah selesai, untuk menampung jumlah masyarakat Islam yang kian bertambah di dunia.

Ada sekitar 1.62 miliar muslim di dunia, mewakili 23 persen penduduk dunia.

“Inilah yang mendorong para pemimpin kita yang kompeten untuk mengantisipasi jumlah jamaah yang meningkat bagi ibadah haji dan umrah dari delapan juta ke 30 juta pada tahun 2030,” katanya.

Menurut Arab News,  jumlah jamaah umrah ditargetkan mencapai 30 juta orang  dalam setahun. Sampai saat ini, jumlah pengunjung umrah setiap tahunnya baru mencapai 8 juta orang. Menurut usulan Komite Pemerintah Saudi, jumlah peziarah umrah dapat meningkat manakala Pemerintah Saudi menambahkan 2 bulan sebagai bagian dari musim umrah.*

Rep: Panji Islam
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Pembangunan Belum Selesai, Saudi Belum Bisa Tambah Kuota Haji

Pembangunan Belum Selesai, Saudi Belum Bisa Tambah Kuota Haji

Kementerian Informasi Saudi Meluncurkan Slogan Musim Haji 2018

Kementerian Informasi Saudi Meluncurkan Slogan Musim Haji 2018

Resiko Tinggi, Jamaah Haji Indonesia Tahun Ini Didominasi Manula

Resiko Tinggi, Jamaah Haji Indonesia Tahun Ini Didominasi Manula

Berjalan Kaki 6.387km Menuju Makkah

Berjalan Kaki 6.387km Menuju Makkah

Pelunasan Biaya Haji Tahap I Ditutup, Tahap II Dibuka

Pelunasan Biaya Haji Tahap I Ditutup, Tahap II Dibuka

Baca Juga

Berita Lainnya