Dompet Dakwah Media

Pemerintah Siapkan Langkah Suhu Tinggi di Armina

Hari Ahad (21/8/2016), suhu udara di Kota Mekkah tercatat mencapai 44 derajat Celcius dengan kelembaban 43 persen dan kecepatan angin 3 kilometer per jam.

Pemerintah Siapkan Langkah Suhu Tinggi di Armina

Terkait

Hidayatullah.com–Pemerintah secara khusus akan mempersiapkan langkah-langkah untuk mengantisipasi suhu di Kota Mekkah yang terus meningkat menjelang puncak ibadah haji 1437H, terutama saat kegiatan di Arafah dan Mina (Armina).

Pada Ahad (21/8/2016), suhu udara di Kota Mekkah tercatat mencapai 44 derajat Celcius dengan kelembaban 43 persen dan kecepatan angin 3 kilometer per jam. Ini adalah suhu tertinggi sejak 9 Agustus 2016 atau saat kedatangan kelompok terbang (kloter) pertama di Madinah, Arab Saudi.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Abdul Djamil mengatakan, pemerintah akan secara khusus membahas langkah-langkah guna mengantisipasi cuaca panas itu menjelang kegiatan di Arafah dan Mina, terutama terkait dampaknya pada kesehatan jamaah dan kepatuhan pada jadwal pelaksanaan lontar jumrah.

“Saat lempar jumrah, sudah ada jadwal untuk melindungi jamaah dari kemungkinan buruk akibat berdesakan dengan jamaah seluruh dunia. Kalau tidak ada penjadwalan, ada kemungkinan jamaah melontar pada waktu dan tempat yang sama, itu hal yang harus diantisipasi,” katanya, dilansir Antara.

Puncak penyelenggaraan ibadah haji 1437H/2016M, yaitu wukuf di Arafah diperkirakan akan jatuh pada 10 September 2016.

Jemaah akan mulai digerakan menuju Arafah sehari sebelumnya. Setelah mengikuti prosesi wukuf, jamaah haji akan menuju Muzdalifah dan Mina.

Untuk jamaah nafar awal akan berada di Mina sampai 12 Dzulhijjah (13 September), sedang jamaah yang mengambil nafar tsani akan berada di Mina sampai 13 Dzulhijjah (14 September).

Hingga hari ke-13 kedatangan jamaah haji di Arab Saudi tercatat 13.254 anggota jamaah menjalani berbagai jenis perawatan yaitu rawat jalan, rawat inap dan dirujuk ke fasilitas yang lebih tinggi. Mereka tersebar di bandara, Madinah dan Mekkah.*

Rep: Insan Kamil

Editor: Syaiful Irwan

Dukung Kami, Agar kami dapat terus mengabarkan kebaikan. Lebih lanjut, Klik Dompet Dakwah Media Sekarang!

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !