Rabu, 27 Januari 2021 / 14 Jumadil Akhir 1442 H

Info Haji & Umrah

Pondokan Haji Makkah Sambut Kedatangan Jamaah Haji Indonesia

Bagikan:

Hidayatullah.com–Menjelang kedatangan kloter pertama jamaah haji Indonesia ke Makkah dari Madinah, sejumlah persiapan telah dilakukan oleh petugas haji Indonesia yang telah bertugas di sana sejak seminggu yang lalu.

Para petugas haji yang sebagian diantaranya masih berstatus sebagai mahasiswa di Kerajaan Arab Saudi ini telah ditempatkan di beberapa titik Kota Makkah sejak tanggal 9 Agustus 2016 untuk memastikan layak tidaknya kondisi dan fasilitas pemondokan yang ditempati oleh jamaah haji.

Tahun ini fasilitas pemondokan yang diperuntukkan bagi jamaah haji dari Indonesia tersebar di 9 sektor wilayah.

Untuk mengoptimalkan pelayanan bagi para tamu-tamu Allah tersebut, panitia juga menempatkan sejumlah petugas divisi pelayanan umum di masing-masing pemondokan.

Beberapa tugas yang diampu oleh divisi ini diantaranya adalah memonitoring fasilitas akomodasi, katering, kepulangan jamaah haji dan menerima komplain ataupun pertanyaan dari para jamaah.

Salah seorang panitia haji mengakui bahwa salah satu tugas yang cukup menyita waktu adalah memastikan bahwa pemondokan yang akan ditempati oleh jamaah benar-benar layak huni untuk menimalisir protes dari para jamaah.

KamarHaji2

Oleh karena itu, para petugas dari divisi ini rutin mengecek secara langsung kondisi pemondokan dan mengevaluasi bahkan mengecek satu per satu kamar apakah sesuai spesifikasi yang tertera di kontrak atau tidak untuk ditindaklanjuti.

Sementara itu, tepat  pukul 23.50 waktu Arab Saudi ketika bus Rawahil warna kuning emas merapat ke depan pintu lobby Hotel Nasimat Al Khoir di kawasan Mahbas Jin, Makkah.

Kehadiran 444 jemaah asal Kota Padang yang tergabung dalam kelompok pertama Embarkasi Padang (PDG 01) disambut lima pria berbusana Arab bersenandung diiringi  tarian Mizmar (seruling).

Tarian itu pula yang menyambut Mereka adalah jemaah haji Indonesia yang pertama kali tiba di Makkah Al Mukarramah. Ikut menyambut kedatangan mereka, Ketua Muassasah Asia Tenggara, Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, dan Kepala Daker Makkah Arsyad Hidaya.*/ Rama Rizana (dari Makkah)

Rep: Admin Hidcom
Editor: Admin Hidcom

Bagikan:

Berita Terkait

Pemulangan Jamaah Haji Gelombang Pertama Dinilai Berjalan Lancar

Pemulangan Jamaah Haji Gelombang Pertama Dinilai Berjalan Lancar

IDB: 25 Persen Pembayaran Dam Meragukan

IDB: 25 Persen Pembayaran Dam Meragukan

Menag Menginginkan Ada Pengajian Khusus Jamaah Indonesia di Masjidil Haram

Menag Menginginkan Ada Pengajian Khusus Jamaah Indonesia di Masjidil Haram

Indonesia minta kuota haji 180 persen

Indonesia minta kuota haji 180 persen

Haji Bermodal Silaturahim

Haji Bermodal Silaturahim

Baca Juga

Berita Lainnya