Ahad, 17 Januari 2021 / 3 Jumadil Akhir 1442 H

Info Haji & Umrah

Jamaah Haji Mulai Berdatangan, Kloter Pertama Indonesia Tiba di Madinah

@Kemenag
Jamaah haji berbagai negara sedang beribadah di Masjid Nabawi
Bagikan:

Hidayatullah.com–Jamaah haji dari sejumlah negara, mulai memadati areal Masjidil Haram di Kota Makkah. Jamaah asal Bangladesh dan Pakistan juga Muslim Uighur sudah mulai tampak melakukan aktivitas ibadah di Masjidil Haram.

Sebagian mereka masih mengenakan pakaian ihram dan berumrah, sebagian lain mengenakan pakaian biasa untuk beriktikaf dan beribadah sunah lainnya. Tidak hanya di areal thawaf (mathaf), kepadatan jamaah dari berbagai negara ini juga dijumpai di areal sai (masa).

Seperti disiarkan laman Kemenag, Kamis, selain jamaah, para petugas haji dari berbagai Negara juga sudah mulai berdatangan. Petugas Tabung Haji Malaysia misalnya, sudah mulai tampak melakukan sejumlah persiapan pelaksanaan tugas di Masjidil Haram.

Hal sama dilakukan oleh petugas haji Indonesia yang tergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1437H/2016M Daerah Kerja Makkah. Tiba di Makkah pada Rabu (10/8) dini hari, para petugas segera menempati pos sektor nya masing-masing untuk mempersiapkan tugas dan ruang pelayanan.

Sementara itu, sebanyak 17.663 calon haji gelombang pertama dari Indonesia telah mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah, Arab Saudi.

Jamaah haji Indonesia kloter pertama asal embarkasi Padang tiba di Bandara Amir Mohammed bin Abdul Aziz (AMMA) Madinah, Selasa, (09/08/2016), sekitar pukul 10.45 waktu Arab Saudi.

Jamaah yang berjumlah 444 orang itu disambut Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel.

Duta Besar Agus Maftuh menyambut dengan ucapan selamat datang di Kota Nabi, Madinah. Kota yang penuh dengan wewangian.

“Kami sebagai pelayan bapak-ibu, akan melayani dengan prinsip penuh hikmat, dan menjadi kehormatan serta kemuliaan bagi kami bisa melayani para jamaah,” kata Agus saat menyambut para jamaah di bandara.

Menurut salah seorang jamaah Aris Wandi yang ditemui Tim Media Center Haji (MCH) saat tiba di Bandara Internasional AMMA.

“Alhamdullilah, pelayanan yang diberikan oleh penerbangan maupun petugas Haji sudah sangat baik, Saya bersyukur telah sampai di Madinah untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini,” ujarnya.*

Rep: Ahmad
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Komisi VIII DPR Desak Kemenag Selesaikan Hak Jamaah Haji

Komisi VIII DPR Desak Kemenag Selesaikan Hak Jamaah Haji

Lebih 22 Ribu Jamaah Haji Indonesia Sudah Masuk Madinah

Lebih 22 Ribu Jamaah Haji Indonesia Sudah Masuk Madinah

Viral Mantan Paus Vatikan Haji, Ini Aslinya

Viral Mantan Paus Vatikan Haji, Ini Aslinya

Garap Potensi Pasar Muslim, Ok Oce Umroh Diluncurkan

Garap Potensi Pasar Muslim, Ok Oce Umroh Diluncurkan

Menag Bertemu Gubernur Makkah Bahas Peningkatan Pelayanan Haji di Mina

Menag Bertemu Gubernur Makkah Bahas Peningkatan Pelayanan Haji di Mina

Baca Juga

Berita Lainnya