Selasa, 19 Januari 2021 / 5 Jumadil Akhir 1442 H

Info Haji & Umrah

Tiba di Madinah, Calhaj Indonesia Diingatkan Soal Cuaca Panas

kemenag.go.id
Rombongan pertama jamaah calon haji Indonesia tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah, Selasa (09/08/2016).
Bagikan:

Hidayatullah.com– Rombongan pertama jamaah calon haji (calhaj) Indonesia telah tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA), Madinah, Selasa (09/08/2016). Para jamaah pun diingatkan akan cuaca panas di Madinah, Arab Saudi.

Rombongan pertama itu adalah 444 orang calhaj kelompok terbang (kloter) PDG 1 asal embarkasi Padang, Sumatera Barat. Mereka tiba setelah menempuh perjalanan sekitar 8 jam dari Bandara Minangkabau, Sumatera Barat.

Setelah melewati cek poin pemeriksaan paspor di imigrasi, kloter PDG 1 disambut sejumlah pejabat Indonesia di Arabi Saudi.

Yaitu Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebrial, Sekjen Kemenkes Untung Suseno Sutardjo, Kapuskes Muchtaruddin Mansur, Ketua PPIH Arab Saudi Ahmad Dumyati, dan General Manager Garuda di Arab Saudi Muhammad Luthfi.

Dalam sambutannya, Agus Maftuh berpesan kepada jamaah untuk menjaga kesehatan selama menjalani ibadah haji. Hal ini mengingat cuaca di Madinah cukup panas.

“Selamat datang di Madinah, Kota Nabi. Melayani jamaah merupakan suatu kehormatan dan kemuliaan bagi kami sebagai petugas. Jaga kesehatan karena cuaca cukup panas di Madinah,” ujarnya di Bandara AMAA Madinah, Selasa (09/08/2016) siang, dilansir laman resmi Kemenag. [Baca juga: Jamaah Haji Diimbau Jaga Kesehatan, Pelajari Manasik, dan Patuhi Aturan]

Jaga Stamina

Secara terpisah, Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau, Marwin Jamal, mengingatkan seluruh calhaj untuk mempersiapkan diri menghadapi cuaca panas di Tanah Suci.

“Cuaca di sana sampai 51 derajat celcius,” kata Marwin Jamal di Batam, Kepulauan Riau, Rabu (10/08/2016).

Untuk mengantisipasi cuaca panas, calhaj diharapkan menjaga stamina, memperbanyak minum, menghindari paparan matahari langsung, serta tidak melakukan kegiatan yang tidak perlu.

“Banyak minum walau tidak haus, sesuai dengan apa yang disampaikan petugas kesehatan,” kata dia, dikutip Antara.

Embarkasi Batam pada tahun ini memberangkatkan 8.911 calon haji dari empat provinsi, yaitu Kepulauan Riau, Riau, Jambi, dan Kalimantan Barat.

Pemberangkatan jamaah dibagi dalam 20 kelompok terbang yang mulai diberangkatkan pada Selasa (09/08/2016).*

Rep: SKR
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Rais Aam PBNU Ajak Shalat Ghaib, Sebut Korban Mina Syuhada Haji

Rais Aam PBNU Ajak Shalat Ghaib, Sebut Korban Mina Syuhada Haji

Kemenag-Pemerintah Thailand Selatan Lakukan Kerjasama

Kemenag-Pemerintah Thailand Selatan Lakukan Kerjasama

Petugas Wanita Dikerahkan untuk Atasi Tindak Kriminal

Petugas Wanita Dikerahkan untuk Atasi Tindak Kriminal

Lebih 166 Ribu Jamaah Reguler Lunasi Biaya Haji 1441H

Lebih 166 Ribu Jamaah Reguler Lunasi Biaya Haji 1441H

Suhu Jeddah dan Madinah Saat Ini Berkisar 40 Derajat

Suhu Jeddah dan Madinah Saat Ini Berkisar 40 Derajat

Baca Juga

Berita Lainnya